Text
Meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) : studi penelitian tindakan kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis & Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, di mana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 61,29%, dan pada siklus II meningkat menjardi 83,87%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 22,58%. Data pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 75% dan 71,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 90% dan 88,33%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat.
This study aims to increase social skill of students of grade IV-A SDN Kenari 07 Central Jakarta in learning of Social Science. The objective of this study is to acquire empirical data of the student’s social skill in learning of social science through cooperative learning model type of Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subject of this study is students of Grade IV-A SDN Kenari 07 Central Jakarta totaling 31 students, consist of 17 female students and 14 male students. This study was conducted using Kemmis & Mc.Taggart model comprising of four phases, namely planning, executing, observing and reflecting phases. This study was conducted in two cycles, where each cycle consists of two meetings. In the First cycle, questionnaire data of the students’ social skill reached 61.29% and in the Second cycle increased to 83,87%. This means experienced an increase of 22,58%. Monitoring Data of teacher and student action in the First cycle reached 75% and 71,67%, meanwhile in the Second Cycle increased to 90% and 88,33%. These results show that the use of cooperative learning model type of Student Teams Achievement Divisions (STAD) may increase social skill of the students of Grade IV-A SDN Kenari 07 Central Jakarta.
SS00016387 | SK 16387 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain