Text
Evaluasi kompetensi pedagogik guru pasca pelatihan guru pembelajar moda Daring untuk guru SD kelas bawah si PPPPTK bisnis dan pariwisata Sawangan
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi pedagogik guru setelah mengikuti pelatihan “Guru Pembelajar Moda Daring” yang diselenggarakan PPPPTK Bisnis dan Pariwisata. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang kompetensi pedagogik guru SD kelas bawah setelah mengikuti pelatihan, meliputi (1) pemahaman terhadap peserta didik, (2) perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, (3) evaluasi hasil belajar, dan (4) mengembangkan potensi yang dimiliki siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan model evaluasi Kirkpatrick pada level 4 yaitu behavior. Penelitian ini dilakukan pada 20 orang guru yang telah mengikuti pelatihan “Guru Pembelajar Moda Daring”. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan pedoman observasi. Hasil penelitian bahwa kompetensi guru SD kelas bawah pasca pelatihan dapat dikelompokkan pada 4 kompetensi pedagogik, yaitu (1) hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap guru terhadap perlunya pemahaman terhadap peserta didik bahwa seluruh responden menyebutkan berdasarkan kuesioner 100% sangat baik, dan berdasarkan observasi 100% sangat baik; (2) hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap guru terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran bahwa hampir seluruh responden berdasarkan kuesioner 95,5% sangat baik, dan berdasarkan observasi 93,8% sangat baik; (3) hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap guru terhadap perlunya evaluasi hasil belajar bahwa hampir seluruh responden menyebutkan berdasarkan kuesioner dan observasi 95% sangat baik; (4) hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap guru terhadap perlunya mengembangkan potensi yang dimiliki siswa bahwa seluruh responden berdasarkan kuesioner 100% sangat baik, dan berdasarkan observasi 96,6% sangat baik.
Kata Kunci: Evaluasi, Kompetensi Pedagogik, Pasca Pelatihan, Pelatihan Guru Pembelajar Moda Daring.
This study aims to evaluate teacher pedagogic competence after attending “Online Learner Teacher Training” . The specific purpose of this research is to obtain data and information about teacher pedagogic competence after training, covering understanding the students, the planning and the implementation of learning, the evaluation of learning result, and develop the potential of the students. The method used in this research is Survey and model of Kirkpatrick evaluation at level 4 that is behavior. This study was conducted on 20 teachers who have attending the training “Online Laerner Teacher” organized by PPPPTK Bisnis dan Pariwisata. Data collecting techniques used were questionnaires distribution, and observation guidelines. The result of this study indicate that the competence after training is based on 4 pedagogic competencies, namely: (1) understanding the learners based on a very good questionnaire is 100%, and based on excellent observation is 100%; (2) the planning and the implementation of learning based on very good questionnaire is 95,5% and based on a very good observation is 93,8%; (3) the evaluation of learning result based on questionnaire and observation is very good 95%; (4) develop the potential of the students based on excellent questionnaire is 100%, and based on a very good observation is 96,6%. Keyword: Evaluation, Pedagogical Competence, Post Training, Online Teacher Training of Online Learning.
SS00016388 | SK 16388 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain