Text
x Penerapan metode inkuiri terbimbing pada materi termokimia untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 100 Jakarta melalui metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi termokimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 36 orang siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 100 Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi termokimia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 100 Jakarta. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa sebelum dilaksanakan tindakan adalah 6,39 (pre-test). Kemudian nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah dilaksanakan tindakan siklus I berupa pelaksanaan dengan metode inkuiri terbimbing adalah 6,94 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah dilaksanakan tindakan tindakan siklus II dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 85. Keberhasilan ini didukung dengan terjadinya peningkatan skor pada setiap indikator aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi termokimia dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, pemahaman siswa pun bertambah setelah mempelajari materi termokimia melalui berbagai situasi dan kejadian yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Termokimia, Hasil Belajar Siswa
This study aims to improve student learning outcomes of class XI SMA Negeri 100 Jakarta through Inquiry learning method Guided on thermochemical material. The type of research used is Classroom Action Research (PTK) conducted in two cycles and each cycle consists of two meetings. The subjects were 36 students of grade XI MIA 2 SMA Negeri 100 Jakarta. Data collection was done by observation, test, and documentation. The results of this study indicate that the application of guided inquiry method in thermochemical material can improve the learning outcomes of students of class XI in SMA Negeri 100 Jakarta. The mean score of cognitive learning outcomes (knowledge) of students before action is 6.39 (pre-test). Then the average value of student learning outcomes after the first cycle of implementation is done with guided inquiry method is 6.94 and the average score of students' learning outcomes after the second cycle action action with guided inquiry method is 85. This success is supported by the occurrence increase of score on each indicator of affective aspect (attitude) and psychomotor (skill). Based on the research, it can be concluded that the application of guided inquiry method in thermochemical material can make the students more active in the learning process, the students 'understanding also increases after studying the thermochemical material through various situations and events close to everyday life, so that the students' increased. Keywords: Guided Inquiry, Thermochemistry, Student Learning Outcomes
SS00016694 | SK 16694 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain