Text
Peningkatan penguasaan konsep bilangan melalui permainan dakocan pada anak usia 5-6 tahun : penelitian tindakan kelas di BKB PAUD Harapan Ibu I Jakarta Timur
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk peningkatan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di PAUD Harapan Ibu 1 melalui permainan tradisional Dakocan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Harapan Ibu 1 sebanyak 10 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu melalui teknik observasi berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis presentase data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pendapat kesepakatan antara peneliti dan kolaborator yang menyatakan bahwa hasil akhir dari ketercapaian tindakan sebesar 70%. Analisis pada siklus terdapat peningkatan konsep bilangan sebesar 43,50% menjadi 66,6% rata-rata presentase keseluruhan mengalami peningkatan, namun belum mencapai presentase yang telah disepakati. Dengan demikian penelitian dilanjutkan pada siklus II. Analisis presentase keseluruhan mengalami peningkatan kembali sebesar 23,50% menjadi 94,15% berdasarkan presentase ketercapaian hasil dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima dan penelitian dihentikan. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan melalui permainan Dakocan dapat meningkatkan penguasaan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun.
This classroom action research is to improve the concept of 5-6 years old at PAUD Harapan Ibu 1 through the traditional Dakocan game. The method used is a classroom action research conducted in 2 cycles, each cycle consisting of planning, acting, observing, and reflecting. The subjects of the study were children aged 5-6 years at PAUD Harapan Ibu 1 as many as 10 students. Data collection using non-test techniques is through observation techniques with notes, action monitoring sheets, interview notes and documentation notes. Percentage of data analysis used in this study based on the opinion between the researchers and collaborators who stated the final result of the achievement of action by 70%. The analysis on the disease cycle increased by 43.50% to 66.6% on average percentage increase, but it hasn’t reached an agreed percentage. Thus continued research on cycle II. An additional benefit of 23.50% to 94.15% based on the percentage of achievement of the results of this study, it is acceptable. So it can be concluded the activities through the Dakocan game can increase mastery of the concept age of children of 5-6 years.
SS00016395 | SK 16395 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain