Text
Pengembangan buku pengayaan pengetahuan teknologi luar angkasa untuk siswa SMA
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pengayaan pengetahuan teknologi luar angkasa yang layak untuk digunakan pada program pengayaan, sebagai tindak lanjut hasil belajar siswa yang memenuhi kriteria minimum untuk KD kelas X: 3.7, 3.8, 3.10 dan KD kelas XI: 3.4. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Perancangan buku pengayaan dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word dan Adobe Photoshop CS5. Penilaian produk dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian yang berpedoman pada instrumen penilaian buku pengayaan yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Adapun hasil penilaian uji kelayakan produk oleh ahli materi 81,3%, ahli pembelajaran 89,3% dan ahli grafika 83,8% dengan interpretasi “sangat baik”, sedangkan ahli media 77,8% dengan interpretasi “baik”. Kriteria layak adalah apabila hasil uji kelayakan oleh ahli minimal berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penilaian produk, dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan pengetahuan “Teknologi Luar Angkasa” dinyatakan layak digunakan untuk siswa SMA.
This research is conducted to create a knowledge enrichment book about outerspace technology, “Teknologi Luar Angkasa” that is suited for senior high school students. This book can be used for knowledge-enrichment program as a further education for students who fulfill the minimum criteria according to Main Competency of 10th grade’s: 3.7, 3.8, 3.10 and to Main Competency of 11th grade’s: 3.4. Research methods used are research and development with ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. This book is designed using Microsoft Word and Adobe Photoshop CS5. Product scoring is done by using scoring instrument with enrichment book scoring instrument published by Pusat Kurikulum dan Perbukuan as a guidance. The scoring results of the content expert is 81.3%, educational expert is 89.3%, graphic expert is 83.8%. All of them are intepreted as “very good”, while the scoring result given by media expert is 77.8%, interpreted as “good”. Minimum criteria of the book’s worthiness is on “good” category. Based on scoring results, it can be concluded that the knowledge-enrichment book “Teknologi Luar Angkasa” is worth to be used by high school students
SS00016699 | SK 16699 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain