Text
Hubungan antara efikasi diri peserta didik dengan pemahaman konsep materi laju reaksi di SMAN 31 Jakarta
Hasil belajar yang dicapai peserta didik dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor internal dan faktor eskternal. Salah satu faktor internal dalam proses pembelajaran yaitu efikasi diri. Peserta didik yang memiliki efikasi diri memungkinkan memperoleh pengetahuan dan pemahaman atas kemampuan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara efikasi diri peserta didik dengan pemahaman konsep materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 31 Jakarta pada semester ganjil 2017. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Sampel penelitian berjumlah 92 orang yang dipilih secara simple random sampling. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji F yang menunjukkan data normal dan homogen. Model regresi yang diperoleh signifikan dan linear. Pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikansi α=0,05 menunjukkan terdapat hubungan yang cukup kuat antara efikasi diri peserta didik SMAN 31 dengan pemahaman konsep materi laju reaksi dengan koefisien determinasi sebesar 30,7%.
Learning outcome achieved by students is affected by internal and external factor. One of the internal factors in the learning process is self-efficacy. Students who have self-efficacy will be able to acquire a knowledge and comprehension by his/her own ability. This study aimed to know the correlation between 31 highschool student’s self-efficacy and conceptual comprehension on reaction rate.The research was conducted in SMAN 31 Jakarta on January 2018. A survey method with correlation technique was used in this research. A total sampel of 92 students was selected by simple random sampling. Normality and homogeneity test performed by Kolmogorov-Smirnov and Ftest, respectively, showed a normal and homogeneous data distribution. Regression model was significant and linear. The statistical hypothesis test resulted from t-test with significance level at α=0,05 showed that there was a correlation between student’s self-efficacy with conceptual comprehension on reproductive systems with determination coefficient of 30,7%.
SS00016705 | SK 16705 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain