Text
Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belaJar siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 50 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran pada mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 50 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan terhitung mulai bulan Oktober sampai Desember 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 dan X AP 2 yang berjumlah 72 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 58 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder, sedangkan data variabel X1 (Status Sosial Ekonomi) dan X2 (Motivasi Belajar) merupakan data primer dengan menggunakan International Standardized Scale model skala Likert. Data kemudian di uji validitas dan reliabilitas, lalu di analisis menggunakan teknik regresi berganda dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Ŷ = 1,009 + 0,312X1 + 0,453X2. Dari hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung 18,871 > Ftabel 3,16 artinya status sosial ekonomi dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Uji t mengasilkan thitung X1 3,192 > ttabel 1,673, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara status sosial ekonomi dan hasil belajar. Selanjutnya thitung X2 5,584 > ttabel 1,673, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar dan hasil belajar. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh 0,407 artinya pengaruh variabel independent (status sosial ekonomi dan motivasi belajar) terhadap variabel dependent (hasil belajar) sebesar 40,7% dan sisanya sebesar 59,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi
This study aims to determine whether there is an influence of socioeconomic status and learning motivation on students first level class office administration department learning outcomes in Kearsipan subject at Vocational High School Negeri 50 Jakarta. This research was conducted for 3 months from October to December 2017. The research method is survey method with correlational approach. The population is students from X AP 1 and X AP 2 which amounts to 72 students. The sample used 58 students and using the proportional random sampling technique. Variable Y (Learning Outcomes) data is secondary, while variable X1 (Socioeconomic Status) and X2 (Learning Motivation) data is primary using Likert scale. The data is tested for validity and reliability, and then analysis with multiple regression technique and classical assumption test. The data were analyzed using SPSS 22.0 version. The results showed there is a significant influence between socioeconomic status and learning motivation on students learning outcomes with a regression equation Ŷ = 1,009 + 0,312X1 + 0,453X2. The results of F test in ANOVA table produces Fhitung 18,871 > Ftabel 3,16, this means socioeconomic status and learning motivation simultaneously positively influence the learning outcomes. The t test produces thitung X1 3,192 > ttabel 1,673, because thitung > ttabel that means there is a positive influence between socioeconomic status and learning outcomes. And then thitung X2 5,584 > ttabel 1,673, because thitung > ttabel that means there is a positive influence between learning motivation and learning outcomes. And then from the coefficient determination was obtained 0,407, which means there is an influence of independent variable on dependent variable in the amount of 40,7% and the remaining of 59,3% was influenced by the other variable who not be examined. Keywords : Learning Outcomes, Learning Motivation, Socioeconomic Status
SS00016747 | SK 16747 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain