Text
Pendidikan nilai-nilai kemanusiaan : studi kasus di SMP Insan teladan Kalisuren Bogor
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pendidikan nilai-nilai kemanusiaan terhadap kehidupan sehari-hari peserta didik di SMP Insan Teladan serta faktor penghambatnya. Dampak pendidikan nilai-nilai kemanusiaan ini terdiri dari dampak terhadap keseharian siswa dan dampak terhadap lingkungan. Kemudian faktor penghambat tersebut berasal dari yayasan, sekolah, siswa, dan orang tua. Penelitian ini dilakukan di SMP Insan Teladan, Kalisuren, Bogor. Metodologi yang digunakan ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pendidikan nilai-nilai kemanusiaan yang diterapkan di SMP Insan Teladan memiliki dampak yang positif bagi keseharian dan lingkungan di sekitar peserta didik meskipun masih memiliki beberapa faktor penghambat dalam menerapkannya. Tujuannya yaitu untuk menghasilkan peserta didik yang tidak hanya berhasil dari sisi akademik tetapi juga dari sisi moral serta kemanusiaannya. Kata Kunci: Pendidikan Nilai-nilai Kemanusiaan, Peserta Didik, SMP Insan Teladan
This research purpose to understand the impact of humanity daily on the lives of students as well and its inhibiting factors. The educational impact of humanitarian values consists of impact on the daily students and impact on the environment in approximately students. Then the inhibiting factors come from foundations, schools, students, and parents. This research was conducted at Insan Teladan junior high school, Kalisuren, Bogor. The methodology used is qualitative. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. Technical analysis of data used is data reduction, data presentation and conclusion. The results of this study conclude that: Educational values of humanity applied in Insan Teladan junior high school there was positive for example has a daily and environment around students while still have several factors barrier in applying them. It is purpose which is to produce students not just succeed from the academic side but also from the moral and humanitarian. Keywords: Education of Values of Humanity, StudInsan Teladan Junior High School
SS00016783 | SK 16783 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain