Text
Evaluasi program kegiatan pusat pelatihan kerja daerah dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi program kegiatan pelatihan kerja di PPKD Jakarta Timur dalam menciptakan tenaga kerja terampil khususnya dalam menghadapi MEA. Evaluasi program dilakukan dengan menggunakan model CIPP dengan berfokus pada empat unsur program, yaitu konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih empat bulan, mulai awal Maret sampai Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi terkait subjek penelitian, serta studi kepustakaa. Informan dalam penelitian terdiri dari tiga informan kunci, yaitu Kepala PPKD Jakarta Timur, Satlak Subbagian Pelatihan dan Uji Kompetensi, dan Kepala Subbagian Pengendalian dan Pemasaran, dan informan pendukung yang terdiri dari instruktur pelatihan setiap kejuruan, serta peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil evaluasi program kegiatan pelatihan kerja di PPKD Jakarta Timur dikatakan belum memberikan hasil yang maksimal untuk menghadapi MEA. Hal tersebut dikarenakan masih terdapatnya permasalahan pada komponen konteks, input dan proses pelatihan. Permasalahan pada konteks pelatihan berkaitan dengan latar belakang PPKD Jakarta Timur sebagai salah satu bentuk good governance (kepemerintahan yang baik) berupa layanan pemerintah di bidang ketenagakerjaa. Hasil analisis penerapan prinsip-prinsip good governance menunjukan bahwa PPKD Jakarta Timur belum sepenuhnya menerapkan prinsipprinsip kepemerintahan yang baik (good governance). Hal tersebut dikarenakan masih terdapat beberapa prinsip yang belum terpenuhi, yaitu prinsip transparansi, akuntabilitas, responsif, dan efektivitas dan efisiensi. Sementara pada permasalahan pada komponen input, khususnya peralatan pelatihan dan sumber daya pelatihan; dan komponen proses, seperti belum maksimalnya sosialisasi program kepada masyarakat dan perusahaan, proses pelatihan kerja. Adanya permasalahan tersebut memberikan pengaruh terhadap produk pelatihan dimana lulusan program kegiatan pelatihan kerja PPKD Jakarta Timur belum siap untuk menghadapi MEA atau memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang dapat bersaing di MEA.Kata Kunci : Evaluasi Program, Pelatihan Kerja, Evaluasi CIPP
The purpose of this study is to evaluate job training activities program in PPKD East Jakarta in creating skilled labor specially to face the AEC. The evaluation program is done by using CIPP model by focusing on four program elements, namely context, inputs, processes, and products. This research was done approximately within four months, starting early March to June 2017. Research methodology used by researcher in this study is using the qualitative approach with case study method. The data collected in this research are collected by observations, interviews and documentation related to the research subjects, as well as literature review. Informants in this research consisted of three key informants, namely the Head of PPKD East Jakarta, The Implementing unit of Training and Competency Test Subdivision, and Head of Subdivision Control and Marketing, and additional informants consisting of vocational training instructors, and trainees. The result of the research shows that the result of the evaluation of work training program in PPKD East Jakarta is said to have not given the maximum result to face AEC. This is because there are still problems in component context, input and training process. The problems in the context of the training are related to the background of the PPKD East Jakarta as one of the good governance in the form of governmental service in the manpower field. The result of the analysis of the application of good governance principles shows that PPKD East Jakarta has not fully applied the principles of good governance. This is because there are still some principles that have not been met, namely the principle of transparency, accountability, responsiveness, and effectiveness and efficiency. While on the input components issue, specially training equipment and training resources; and process components, such as not yet maximizing the socialization of programs to communities and companies, and the job training process. The existence of the problem has an effect on the training product where the graduates of the PPKD East Jakarta training program are not ready to face the AEC or have not been able to fulfill the need of the competing the workforce in the AEC. Keywords: Program Evaluation, Job Training, CIPP Evaluation
SS00016790 | SK 16790 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain