Text
Supervisi ketua PKBM terhadap peran tutor di PKBM Faradika Rawamangun Jakarta Timur
Penelitian ini berangkat dar masalah efektifitas pelaksanaan supervisi di PKBM Faradika Cipinang Kebembem Jakarta Timur,Sesuai dengan permasalahan tersebut ,maka Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan data terkait dengan Pelaksanaan supervisi di PKBM tersebut dengan fokus penelitian meliputi : 1) Supervisi yang dilakukkan oleh kepala PKBM terhadap tutor tutor 2)upaya upaya dan teknik teknik supervisi yang di terapkan oleh kepala PKBM dalam peningkatan kemampuan Profesionalisme tutor 4) hambatan hambatan dalam pelaksanaan supervisi Fokus Kajian Tersebut mengacu pada teori teori efektifitas yang menyangkut masalah supervisi yang meliputi : pengertian dan tujuan ruang lingkup,teknik teknik serta hambatan hambatan yang mengacu pada teori teoriyang dikemukakan oleh Made pidarta Piet A Sahertian, Ngalim Purwanto.sedangkan kemampuan profesional tutor dalam pengelolaan KBM mengacu pada kepada teori teori yang dikemukakan oleh Uzer Uzman ddan Dedi Supriyadi Penelitian ini menggunakan metode deskriptif berbentuk analisa Kualitatif untuk memperoleh gambaran secara naturalistik dan jujur maksudnya adalah mengangkat permasalahan berdasarkan fakta dan fenomena sebenarnya secara langsung di lapangan untuk menjaring data secara luas dan nyata tajam dan terpercaya sehingga dapat di legalisir menjadi kesimpulan yang absah.data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam,studi dokumen dan observasi.sumber data terdiri dari,pengawas,kepala PKBM dan tutor tutor yang bertugas di PKBM Faradika Cipinang kebembem Jakarta Timur( sumber data primer) Hasil Penelitian mengemukkan : 1) Proses supervisi yang dilakukkan kepala PKBM terhadap Tutor Tutor menyangkut : bukti Fisik tutor kelas ,praktek mengajar serta sikap Profesional tutor sudah dapat dijalankan dengan baik 2) hambatan hambatan selama proses supervisi 3) hasil pelaksanaan supervisi yang ditunjukan dengan kemampuan profesionalisme tutor dalam pengelolaaan kegiatan belajar mengajar meliputi : kemampuan merencanakan progam belajar mengajar meliputi:kemapuan merencanakan progam belajar mengajar, melaksanakan proses belajar mengajar,serta menguasai materi pelajaran,sudah mampu dilaksanakan dengan baik
his research is based on the effectiveness of the implementation of supervision in PKBM Faradika Cipinang Kebembem Jakarta Timur, In accordance with these problems, this study aims to reveal data related to the implementation of supervision in PKBM with the focus of research include: 1) Supervision conducted by the head of PKBM towards the tutor tutor 2) efforts and techniques of supervision techniques applied by the head of PKBM in improving the ability of tutor Professionalism 4) obstacles in the implementation of supervision The focus of the study refers to the theory of effectiveness theory which involves the problem of supervision which includes: understanding and objectives of scope, technical techniques and obstacles constraints which refers to the theory of theory put forward by Made pidarta Piet A Sahertian, NgalimPurwanto.sedangkan professional skills tutor in the management of teaching and learning on the theory theory proposed by Uzer Uzman dedi and Dedi Supriyadi This research uses descriptive method in the form of Qualitative analysis to obtain the naturalistic and honest description of the intention is to raise the problem based on facts and actual phenomena directly in the field to capture the data widely and sharp and reliable so that it can be legalized into a valid conclusion. Data collected with in-depth interviews, document studies and observations. The data sources consist of supervisors, PKBM heads and tutor tutors who work in PKBM Faradika Cipinang Kebembem East Jakarta (primary data source)The results of the research are: 1) The supervision process done by the head of PKBM towards Tutor Tutor concerns: Physical evidence of class tutor, teaching practice and Professional attitude of tutor can be run well 2) obstacles obstacle during supervision process 3) result of supervision implementation indicated by professionalism skill tutors in the management of teaching and learning activities include: the ability to plan teaching and learning program include: the ability to plan the teaching and learning program, carry out the teaching and learning process, and master the subject matter, is able to be implemented properly
SS00016812 | SK 16812 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain