Text
Hubungan kreativitas gerak terhadap hasil belajar improvisasi gerak dalam berkarya tari siswa kelas X di SMK Negeri 48 Jakarta
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan kreativitas gerak terhadap hasil belajar improvisasi gerak dalam berkarya tari siswa kelas X di SMK Negeri 48 Jakarta. Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah teori S.C. Utami Munandar tentang kreativitas. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (X) adalah kreativitas gerak, sedangkan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar improvisasi gerak dalam berkarya tari. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 74 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah tes unjuk kerja pada keterampilan. Analisis data menggunakan uji korelasi product momentdengan uji prasyarat hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas gerak terhadap hasil belajar improvisasi gerak dalam berkarya tari siswa kelas X di SMK Negeri 48 Jakarta, dibuktikan dengan nilai thitung = 41,55>ttabel = 2,00 artinya koefisien korelasi yaiturxy = 0,98 adalah signifikan. Koefisien determinasi pada kreativitas gerak terhadap hasil belajar imrpovisasi gerak (rxy)² = (0,98)² = 0,96 = 96%. Hal ini membuktikan bahwa kreativitas memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar improvisasi gerak dengan jumlah hasil perhitungan sebesar 96% (sangat signifikan), sedangkan sisanya 4% dijelaskan oleh variabel lain. Kata kunci: Kreativitas Gerak, Hasil Belajar Improvisasi Gerak, Berkarya Tari
The purpose of this study is to figure out how significant the correlation between motion creativity to learning result of motion improvisation in the creation dance for tenth grade students at 48 Vocational High School Jakarta. This study used the theory from S.C. Utami Munandar about creativity. The research method used. The correlation method with quantitative approach. The variable in this study free independent variable (X), that is a creativity of motion, while the dependent variabel (Y) is the result of motion improvisation learning in the creation dance of tenth grade students at 48 Vocational High School Jakarta. The study used quatitative approach with Simple Random Sampling technique to select 74 students as the research participant. The data collection method used for this research is the performance test of the skill. Data Analysis using product moment correlation test with hypothesis pierequisite tes. The result showed a significant correlation between motion creativity to the result of learning motion improvisation in the creation dance of tenth grade students at 48 Vocational High School Jakarta. It is proved from the result between tcount = 41,55>ttable = 2,00 which means the correlation coefficient rxy = 0,98 is significant. The coefficient of motion creativity to the result of learning motion improvisation in the creation dance of tenth grade students at 48 Vocational High School Jakarta (rxy)2 = (0,98)2 = 0,96 = 96%. This result showed a significant correlation between motion creativity to the result of learning motion improvisation in the creation dance of tenth grade students at 48 Vocational High School Jakarta, with correlational coefficient 96% (very significant), the rest 4% is explained by other variables. Keywords: Motion Creativity, Motion Improvisation, In the Creation Dance.
SS00016775 | SK 16775 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain