Text
Pengaruh praktik kerja industri dan bimbingan karir terhadapkesiapan kerja siswa kelas XII akuntansi SMK Negeri 31 Jakarta tahun ajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara praktik kerja industri dan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 31 Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 31 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 58 siswa. Untuk menjaring data dari ketiga variabel digunakan instrumen penelitian berbentuk skala likert untuk praktik kerja industri (Variabel X1); bimbingan karir (Variabel X2); dan kesiapan kerja (Variabel Y). Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 42,081 + 0,256 X1 + 0,228 X2.. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara praktik kerja industri dengan kesiapan kerja. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 8,578 lebih besar dari ttabel sebesar 2,004. Selain itu, variabel bimbingan karir secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap kesiapan kerja, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,730 lebih besar dari ttabel sebesar 2,004. Selain itu ada pengaruh secara bersama-sama antara praktik kerja industri dan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 53,185 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,165. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara praktik kerja industri dan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja dengan koefisien korelasi ganda 0,744 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R)2 sebesar 55,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara praktik kerja industri dengan kesiapan kerja. Selain itu terdapat pula pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan karir dengan kesiapan kerja. Lalu, secara bersama-sama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara antara praktik kerja industri dan bimbingan karir dengan kesiapan kerja. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variabel independen lainnya yang dapat mempengaruhi variabel kesiapan kerja.Kata kunci: Praktik Kerja Industri, Bimbingan Karir, Kesiapan Kerja
The aim of this research is to determine the influence of internship and career guidance toward the work readiness of the 12th Accounting graders of SMK Negeri 31 Jakarta for academic year 2017/2018 by using empirical data and facts that are valid and reliable. This research conduct at SMK Negeri 31 Jakarta. The research method used is survey method with quantitative approach. The population in this research is all 12th grade students of SMK Negeri 31 Jakarta as many as 198 people. The sample used as many as 58 people derived from Accounting major . The sampling technique in this study is simple random sampling. All datas are collected using likert scale model questionnaires for internship ( variable X1), career gidance (variable X2) and work readiness (variable Y). Regression equation in this research is Ŷ = 42,081 + 0,256 X1 + 0,228 X2. Based on the result of data analysis, it is known that there is significant partial influence between internship and work readiness. It can be seen from the data analysis that shows the value of tcount of 8,578 is greater than the ttable of 2,004. Also, there is significant partial influence between career guidance and work readiness which has been proved by the value of tcount of 4,730 is greater than the ttable of 2,004. In addition there is a simultaneous influence between intenship and career guidance toward work readiness. It can be seen from the results of data analysis showing the value of Fcount of 53.185 is greater than the Ftable value of 3.165. There is a positive and significant influence between intenship and career guidance toward work readiness with double correlation coefficient 0,744. Thus, the research hypothesis is accepted. The coefficient of determination (R)2 equal to 55,3%. The conclusion of this research is that there is a positive and significant influence between intenship with work readiness. In addition there is also a positive and significant influence between career guidance toward work readiness. Simultaneously, there is a positive and significant influence between internship and career guidance with work readiness. For further research it is advisable to add other independent variables that may affect work readines variable. Keywords: Internship, Career Guidance, Work Readiness
SS00016847 | SK 16847 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain