Text
Pengaruh disiplin belajar dan self efficacy (efikasi diri) terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 36 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 36 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan IPS kelas XI IPS yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, dengan melihat tabel Issac and Michael dengan taraf kesalahan 5% maka jumlah sampel yang akan diambil dari populasi adalah 100 siswa. Teknik analisis data menggunakan SPSS 20.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan linieritas, kemudian uji regresi linier berganda, uji hipotesis yaitu uji t dan uji F, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial disiplin belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,045 > t tabel yang bernilai 1,984. Selanjutnya, secara parsial efikasi diri memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,265 > t tabel yang bernilai 1,984. Berdasarkan uji F diketahui F hitung 13,188 > F tabel 3,09, hasil tersebut menunjukkan secara simultan disiplin belajar dan efikasi diri memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 21,4%. Nilai dari koefisien determinasi sebesar 0,214. Dapat diinterpretasikan sebesar 21,4% hasil belajar mata pelalajaran ekonomi dipengaruhi oleh disiplin belajar dan efikasi diri, 78,6% lainnya dijelaskan oleh variabelvariabel lain yang tidak diteliti.
This study aims to determine whether there is an influence the discipline of learning and self efficacy on the learning outcomes of economic subjects class XI IPS students in SMAN 36 Jakarta. This research using survey method. The population in this study were students of XI IPS class, which amounted to 144 students. Sampling technique with simple random sampling, by looking at Issac and Michael table with 5% error rate then the number of samples to be taken from the population is 100 students. Data analysis technique using SPSS 20.0 begins by searching analysis requirement test such as test of normality and linearity, then multiple linear regression test, hypothesis test that is t test and F test, and coefficient of determination. The results showed discipline of learning has a significant effect on learning outcomes with t calculated 2,045 > t table 1,984. Furthermore, self efficacy has an influence on learning outcomes with t calculated 2,265 > t table 1,984. Based on the F test is known F calculated 13,188 > F table 3,09, the results show simultaneously the discipline of learning and self efficacy has an influence on learning outcome. The value of the determination coefficient of 0,214. Can be interpreted as much as 21,4% learning result of economic learning subject influenced by learning discipline and self efficacy, 78,6% other explained by other variables not examined.
SS00016850 | SK 16850 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain