Text
Students' talk in an English International kindergarten classroom: a classroom interaction analysis
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi antara guru dengan siswa selama dikelas, yang berpusat pada ungkapan siswa. Penelitian ini bertempat di Sekolah Internasional Kristen Raffles, Kelapa Gading, Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis interaksi kelas yang menggunakan Initiation-Response-Follow-up menurut paham Halliday dan Matthiessen tahun 2004 untuk menganalisis data. Sumber data penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris yang mengajar dikelas teresebut dan siswa TK Sekolah Internasional Raffles Jakarta yang didapatkan melalui observasi kelas sebanyak empat kali. Penelitian ini menemukan bahwa guru mendominasi interaksi. Guru mengharapkan siswa berbicara lebih banyak dan guru juga perlu menanyakan beberapa pertanyaan untuk memancing siswa bicara. Penelitian ini juga menemukan bahwa ungkapan siswa yang paling banyak muncul dalam menanggapi ungkapan guru yaitu dengan menjawab pertanyaan guru. Berkaitan dengan jumlah kata usia 5 sampai 7 tahun yang mampu diungkapkan dalam setiap ujaran, penelitian ini mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa mampu menyatakan kalimat satu kata dalam setiap ujaran. Kenyataannya, pada usia tersebut, siswa diharapkan berbicara dan menanggapi ungkapan guru dalam satu kalimat penuh. Hasil tersebut menunjukkan bahwa meskipun sekolah tersebut adalah sekolah bertaraf internasional, tidak semua siswa di TK tersebut sudah menguasai struktur kebahasaan bahasa Inggris. Kata kunci: Ujaran siswa, interaksi kelas, Initiation-Response-Follow-up (IRF).
This study aimes at describing the interaction between the teacher and the students in the classroom, focused on students’ talk. This study took place at Raffles International Christian School, Kelapa Gading, Jakarta. This study used a qualitative approach and classroom interaction analysis that used InitiationResponse-Follow-up (IRF) by Halliday and Matthiessen (2004) to analyze the data. The data sources of this study are an English teacher who is teaching in the classroom and the students of Raffles International Kindergarten School Jakarta which were taken four times classroom observations. This study found that the interaction was dominated by the teacher. The teacher expected the students to talk more and the teacher also need to ask several questions in order to trigger the students. This study also reveals that students’ talk mostly appeared in respond to teacher talk by answering the teacher’s question. In terms of the words age 5 to 7 years old are able to talk in every utterance, this study reveal that the students were mostly be able to state one-word sentence in every utterance. In fact, by these ages, students were expected to talk and respond to teacher talk in a full sentence. It indicates that even the school is an International school, not all the students in kindergarten level are already understand the English language structure.
Keywords: Students’ talk, classroom interaction, Initiation-Response-Follow-up (IRF).
SS00016778 | SK 16778 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain