Text
Pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 244 Jakarta Utara
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan utama pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh siswa untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi dan menguasai materi. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat dikembangkan melalui pembelajaran aktif yang melibatkan seluruh alat indra siswa. Salah satu model pembelajaran yang aktif dan melibatkan seluruh alat indra siswa adalah model pembelajaran AIR. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah terdapat pengaruh model pembelajaran AIR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Negeri 244 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik two stage sampling. Langkah pertama dengan menggunakan teknik purpossive sampling, yaitu memilih satu dari dua guru yang mengajar matematika di kelas VIII. Langkah terakhir dengan menggunakan cluster random sampling untuk menentukan kelas yang akan dijadikan sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen (model pembelajaran auditory, intellectually, repetition) dan kelas kontrol (model pembelajaran konvensional). Kedua kelas yang dipilih berasal dari populasi yang berdiatribusi normal, homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV. Tes tersebut berbentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah duji validitas dan reliabilitasmya terlebih dahulu. Berdasarkan perhitungan dari data hasil penelitian, kelas eksperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi berdistribusi normal namun tidak memiliki varians yang sama atau tidak homogen. Sehingga pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t’ pada taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai
The ability to solve mathematical problems is one of the main objectives of learning mathematics that must be owned by students to know the extent to which students understand the material. The ability to solve mathematical problems can be developed through active learning involving all students' sense devices. One of the active learning models involving all students' sense devices is the AIR learning model. This study aims to obtain information on whether there is an influence of the AIR learning model on students' mathematical problem solving abilities on the Two Variable Linear Equation System (SPLDV) in SMP Negeri 244 Jakarta. The method used in this research is quasi experimental method. Sampling was done by two stage sampling technique. The first step by using purposive sampling technique, which is choosing one of two teachers who teach mathematics in class VIII. The final step is by using cluster random sampling to determine the class that will be used as research sample, that is experiment class (auditory, intellectually, repetition learning model) and control class (conventional learning model). Both classes are selected from populations that are normal, homogeneous, and have an average similarity. The research instrument used is the result of mathematical problem solving test on SPLDV material. The test is in the form of a description of five questions that have been tested for validity and reliability first.
Based on calculations from the research data, the experimental class and control class are from normal distributed populations but do not have thesame or not homogeneous variance. So that hypothesis testing is done by using t-test statistic at significance level α = 0,05. Based on the calculation, the value of 〖
SS00016801 | SK 16801 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain