Text
Hubungan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan pada mata pelajaran mekanika teknik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah menengah kejuruan program keahlian teknik bangunan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara efikasi diri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dalam hal ini program keahlian teknik bangunan.
Tempat penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 4, SMK Negeri 26, SMK Negeri 56 Jakarta ini melibatkan 90 siswa kelas XI program keahlian Teknik Bangunan yang terdiri dari 3 kelas yaitu: kelas XI TKBB SMK Negeri 4, XI TGB SMK Negeri 26, XI TGB SMK Negeri 56 dengan sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Terdapat hubungan antara efikasi diri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,395 > 1,671 dan signifikansi koefisien korelasi sebesar 0,300, dalam artian memiliki kontribusi tergolong rendah.
Kata kunci : Efikasi Diri, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
The objective of this research is to determine the relationship of self efficacy to the ability to think high-level vocational school students vocational building engineering skills program. The problem discussed in this research is the relationship between self efficacy to high-order thinking ability of Vocational High School students, in this case the technique of building technique.
The place of research conducted at SMK Negeri 4, SMK Negeri 26, SMK Negeri 56 Jakarta is involving 90 students of class XI Building Engineering skill program consisting of 3 classes: class XI TKBB SMK Negeri 4, XI TGB SMK Negeri 26, XI TGB SMK Negeri 56 with a sample of research totaling 30 students. The method used in this research is survey method with quantitative approach. Data analysis technique used is technique of regression analysis and correlation analysis. The results showed that: There is a relationship between self efficacy of students' high thinking ability as evidenced by the value of tcount greater than ttable of 2.395> 1.671 and significance of correlation coefficient of 0.300, which means having a relatively low contribution. Keywords : Self Efficacy, Higher-Order Thinking Skill.
SS00016798 | SK 16798 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain