Text
Pengaruh lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 25 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis pada siswa kelas x administrasi perkantoran di SMK Negeri 25 Jakarta.
Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung dari bulan September 2017 sampai dengan Desember 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 25 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan data, wawancara, dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y) didapatkan dengan memperoleh data sekunder berupa hasil belajar nilai UAS di semester ganjil, sedangkan lingkungan sekolah (X1) dan minat belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji F dan uji t, koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 5,997 > nilai ttabel sebesar 1,67. Minat belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,625 > dari nilai ttabel sebesar 1,67. Lingkungan sekolah dan minat belajar secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 38,365 > nilai Ftabel 3,17. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 24,714 + 0,221 X1 + 0,162 X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh R2 sebesar 0,582 yang berarti lingkungan sekolah (X1) dan minat belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 58,2%. Implikasi dari hasil penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka siswa harus meningkatkan minat belajarnya dan sekolah harus meningkatkan suasana lingkungan sekolah baik fisik maupun sosialnya. Indikator lingkungan sekolah yang paling rendah adalah indikator interaksi siswa dengan staf sekolah. Sedangkan indikator minat belajar yang paling rendah adalah indikator perhatian.
This study attempts to know the influence of school environment and learning interest toward learning outcomes in introduction of economic and business on students in class x office administration at state smk 25 Jakarta.
This study was conducted over four months, starting in September 2017 until December 2017. The method used is survey method with correlational approach. The population in this study are all students of state SMK 25 Jakarta. The population of inaccessibility is the entire class X Office Administration totaling 72 students. The sampling technique used was proportional random technique, so that sample in this study amounted to 58 respondents. The data collection technique using the technique of recording data, interviews and questionnaires. To capture learning outcomes data (Y) obtained by obtaining secondary data in the form of final test result, school environment (X1) and learning interest (X2) obtained by giving questionnaires to respondents. The data analysis technique used is the test requirements analysis consists of test for normality and linearity test, classic assumption test, multiple linear regression, hypothesis testing consisting of F test and t test, coefficient determination. Based on the results of data analysis can be seen that there is a partial effect between the school environment and learning outcomes. It can be seen from the results of data analysis which shows tcount 5,997 > ttable 1,67. Learning interest partial effect on learning outcomes, it is seen from the analysis of data that showed the value of the data analysis that shows tcount 3,625 > ttable 1,67. School environment and learning interest simultaneously influence on learning outcomes, it is seen from the results of data analysis indicates the value Fcount 38,365 > Ftable value of 3,17. The regression equation obtained was Ŷ = 24,714 + 0,221 X1 + 0,162 X2. Based on the views of the coefficient determination R2 value of 0,582, which means school environment (X1) and learning interest (X2) effect on learning outcomes (Y) amounted to 58,2%. The implication of the research result is to improve student learning outcomes, so students should increase their learning interest and the school should improve the school environment both physical and social. The lowest school indicator is an indicator of student interaction with school staff. While the lowest indicator of learning interest is an indicator of attention.
SS00016759 | SK 16759 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain