Text
Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada siswa SMK Hang Tuah 1 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan terdapat pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan di SMK Hang Tuah 1 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 8 bulan terhitung pada bulan April 2017 sampai dengan bulan Desember 2017. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Hang Tuah 1 Jakarta dengan populasi terjangkau siswa Administrasi Perkantoran kelas X (sepuluh) yang berjumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak proposional, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 89 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, pencatatan dokumen dan kuisioner. Untuk mendapatkan data hasil (Y), dilakukan dengan cara menghitung nilai hasil Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran kearsipan semester ganjil. Kemudian data disiplin belajar (X1) didapatkan dari data yang diberikan oleh guru dan lingkungan keluarga (X2) didapatkan dari hasil sebaran kuisioner pada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotsis yang terdiri dari uji F dan uji t. berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh parsial antara disiplin belajar dan lingkungan belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa thitung sebesar 5,974 > nilai ttabel 1,666. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara lingkungan keluarga dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung 3,866 > nilai ttabel 1,666. Disiplin belajar dan lingkungan keluarga secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 44,180 > Ftabel 3,10. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Ŷ = 57,111 + 0,472X1 + 0,089X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,507 yang artinya disipilin belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 50,7%.
This study aims to determine whether there is influence of learning discipline and family environment on learning outcomes in archival subjects in SMK Hang Tuah 1 Jakarta. This research was conducted for 8 months starting from April 2017 until December 2017. This research used survey method with quantitative approach. The population in this study is all students of SMK Hang Tuah 1 Jakarta with affordable population of students of Office Administration class X (ten) which amounts to 120 students. Technique of sampling using proportional random technique, so that got the number of sample research as many as 89 respondents. Data collection techniques used survey techniques, document recording and questionnaires. To get the result data (Y), done by calculating the value of the result of Final School Examination of odd semester odds. Then the data of learning discipline (X1) got from data given by teacher and family environment (X2) got from result of distribution of questioner to respondent. Data analysis technique performed is test of analysis requirement consist of normality test and linearity test, classical assumption test, multiple linear regression test, hypotsis test consist of F test and t test. based on the results of the analysis found there is a partial influence between the learning discipline and the learning environment. Can be seen from the results of data analysis is known that t count of 5.974> ttable value 1.666. Then it is known there is a partial influence between the family environment and learning outcomes. Can be seen from the data analysis results note that the value of t count 3.866> value ttabel 1.666. Learning discipline and family environment simultaneously affect the learning outcomes, it is seen from the results of data showing Fhitung value of 44,180> Ftabel 3.10. The regression equation obtained is Ŷ = 57,111 + 0,472X1 + 0,089X2. Based on the determination coefficient test obtained value R2 0.507 which means learning disipilin (X1) and learning discipline (X2) affect the learning outcomes (Y) of 50.7%.
SS00016764 | SK 16764 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain