Text
Hubungan keharmonisan keluarga dan penghargaan dengan motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 3 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keharmonisan keluarga dan penghargaan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Jakarta yang berjumlah 169 siswa dengan sampel 100 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa tidak ada hubungan secara parsial antara keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 0,858 lebih kecil dari ttabel sebesar 1,985. Sedangkan penghargaan secara parsial mempunyau hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 5,145lebih besar dari ttabel sebesar 1,985. Secara simultan ada hubungan antara keharmonisan keluarga dan penghargaan terhadap motivasi belajar. Dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 16,715 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,09. Terdapat hubungan yang positif antara keharmonisan keluarga dan penghargaan dengan motivasi belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,256 maka hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 25,6%. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara keharmonisan keluarga dan penghargaan terhadap motivasi belajar siswa.
This research purpose is to find out the relatonship between harmony of family and reward with motivation of study to students class xi SMK Negeri 3 Jakarta. This type of research is survey, with quantitative approach. Total population in this study were 169 students with sample of 100 students. The data analysis technique used was multiple linear regression, and the hypothesis test consist of ttest and F-test. Based on the analysis of the data found that there was not a relation between harmony of family with motivation of study. Can be seen from the results of data analysis showed tcount 0,858 lower than ttable 1,985. But, the partial use of reward are related by motivation of study, it is seen from the results of data analysis showed tcount 5,145 greater than ttable 1,985. Simultaneously there is influence of harmony of family and reward with motivation of study. Can be seen from the results of data analysis showed Fcount value of 16,715 is greater than the value of 3.09 Ftable. There was a positive relation of harmony of family and reward with motivation of study with multiple correlation coefficient 0,256 thus, the research hypothesis is accepted and determination coefisien for (R)2 was 25,6%. From the above results, we can conclude this research there is relationship between harmony of family and reward with motivation of study.
SS00016765 | SK 16765 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain