Text
Evaluasi program gerakan literasi sekolah pada SMA Negeri 71 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 71 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif evaluatif dan menggunakan model evaluasi yang dikembangkan oleh Stufflebeam, yaitu CIPP (Konteks, Input, Proses, dan Produk). Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 71 Jakarta berlangsung dengan baik, meskipun terdapat beberapa hal yang masih harus diperbaiki dan dikembangkan. (2) Implementasi program dalam perihal evaluasi konteks telah terlaksana dengan baik, karena sekolak telah memenuhi kriteria atau indikator keberhasilan evaluasi. (3) Evaluasi input atau masukan juga menunjukkan hasil yang baik, tetapi masih membutuhkan pengembangan lebih dalam pemberdayaan performa atau kinerja perpustakaan sekolah. (4) Evaluasi dalam proses juga telah terlaksana dengan baik, dan peneliti memberikan saran untuk mengembangkan pelibatan dan kerjasama dengan orang tua, publik, dan pihak eksternal lainnya yang memiliki visi dan misi yang sama perihal literasi. (5) Evaluasi produk juga menunjukkan hasil yang baik, karena program memberikan baik guru maupun siswa dampak, hasil, serta manfaat yang baik untuk menunjang keberlangsungan pembelajaran. Keywords: Program Evaluasi, CIPP, Program Gerakan Literasi Sekolah
This study aims to determine Evaluation Program of the Literacy Movements Program at 71 Senior High School in East Jakarta. This study includes a descriptive evaluative research method and uses evaluation model that developed by Stufflebeam which is CIPP (Context, Input, Process, and Product). In which collecting data, this research uses the method of observation, interviews, documentation and archive footage, spreads questionnaires. The results of this research showed that: (1) Implementation of School Literacy Movements Program in 71 Senior High School went well, although there are still some things that must be improved and developed. (2) The implementation of School Literacy Movements Program in case of context evaluation went well, because the school fulfilled the evaluation indicators. (3) The evaluation of its input also went well, but still need to improve the performance of school library. (4) The evaluation of its process went well, and researcher suggests the school to improve the cooperation with student’s parents, public, and others external communities which have same vision and mission about literacy. (5) The evaluation of product also went well, because the program gives either teachers and students a good benefits, outcomes, and impacts. Keywords: Evaluation Program, CIPP, School Literacy Movements
SS00016857 | SK 16857 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain