Text
Pengruh supervisi kepala sekolah dan pemberdayaan guru terhadap kualitas pendidikan pada 19 SMA Swasta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan pemberdayaan guru terhadap kualitas pendidikan pada 19 SMA Swasta di kota Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan terhitung mulai April 2017 sampai Juni 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau adalah guru pada SMA Swasta di Kota Jakarta Timur yang sudah tersertifikasi dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2014. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah guru pada SMA Swasta di Kota Jakarta Timur yang sudah tersertifikasi berjumlah 76 guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda menggunakan software SPSS 16.0. Perhitungan data penelitian dimulai dengan melakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dengan nilai signifikasi kualitas pendidikan sebesar 0,381, nilai signifikasi supervisi kepala sekolah sebesar 0,185 dan nilai signifikasi pemberdayaan guru sebesar 0,361, berdasarkan hasil tersebut maka semua data berdistribusi normal karena nilai signifikasi lebih dari 0,05, dan uji linieritas antara supervisi kepala sekolah dengan kualitas pendidikan sebesar 0,000, maka terdapat hubungan linier antara supervisi kepala sekolah demgan kualitas pendidikan, dan pemberdayaan guru dengan kualitas pendidikan sebesar 0,000, maka terdapat hubungan linier antara pemberdayaan guru dengan kualitas pendidikan karena nilai signifikasinya kurang dari 0,05. Perhitungan hasil persamaan regresi berganda yang diperoleh Ŷ = 50,577 + 0,224X1+ 0,047X2. Selanjutnya Uji Koefisein Regresi (uji t) diketahui bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi kepala sekolah terhadap kualitas pendidikan berdasarkan perolehan nilai thitung (6,074) > ttabel (1,993). 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberdayaan guru terhadap kualitas pendidikan berdasarkan perolehan nilai thitung (2.088) > ttabel (1,993). Dari hasil Uji Koefisien Regresi (uji F) diketahui bahwa: Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi kepala sekolah dan pemberdayaan guru terhadap kualitas pendidikan berdasarkan perolehan nilai Fhitung > Ftabel (28,819 > 3,122). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi kepala sekolah dan pemberdayaan guru terhadap kualitas pendidikan pada SMA Swasta di Kota Jakarta Timur, dengan sumbangan pengaruh supervisi kepala sekolah dan pemberdayaan guru adalah sebesar 44,1%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak ada dalam model penelitian ini. Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Pemberdayaan Guru, Kualitas Pendidikan.
This study aims to determine the influence of principal supervision and teacher empowerment on the quality of education at 19 private high schools in East Jakarta. This research is conducted for 3 (three) months starting from April 2017 until June 2017. The method used in this research is survey method. Data collection using interview techniques and questionnaires. Affordable populations are teachers at Private Senior High School in East Jakarta that have been certified from 2007 until 2014. While the sample in this study is a teacher at Private High School in East Jakarta that has been certified amounted to 76 teachers. Data analysis technique used in this research is multiple regression analysis using software SPSS 16.0. The calculation of research data started by testing the analytical requirement that is the normality test using Kolmogorov Smirnov with the value of education quality significance equal to 0.381, the principal supervisor significance value of 0.185 and the teacher empowerment significance value of 0.361, based on the result then all data is normally distributed because the value of more significance from 0,05, and linearity test between principal supervision with education quality equal to 0.000, hence there is linear correlation between principal supervision of education quality and teacher empowerment with quality of education 0.000, hence there is a linear relationship between teacher empowerment with education quality because the significance value is less than 0.05. The calculation result of multiple regression equation obtained Ŷ = 50,577 + 0,224X1 + 0,047X2. Furthermore, Regression Coefficient Test (t test) is known that: 1) There is positive and significant influence of principal supervision on education quality based on tcount (6,074)> ttable (1,993). 2) There is a positive and significant effect of teacher empowerment on the quality of education based on the acquisition of tcount (2,088)> ttable (1,993). From the results of Regression Coefficient Test (F test) it is known that: There is a positive and significant influence of principal supervision and teacher empowerment to the quality of education based on the acquisition value Fcount> Ftable (28,819> 3,122). The results of this study conclude that there is a positive and significant influence of principal supervision and teacher empowerment on the quality of education at private high school in East Jakarta City, with contribution of principal supervision and teacher empowerment is 44.1%, while the rest is explained by factors others that are not in this research model. Keywords: Headmaster Supervision, Teacher Empowerment, Quality of Education.
SS00016767 | SK 16767 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain