Text
Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Bahasa Prancis kelas XI IPS 3 : studi deskriptif kualitatif di SMA Perguruan Ksatrya 51 jakarta
Skripsi yang berjudul Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Prancis Kelas XI IPS 3 SMA Perguruan Ksatrya 51 Jakarta ini ditujukkan sebagai salah satu syarat kelulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Prancis di sekolah yang dimaksud. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari, observasi untuk mengetahui situasi sosial dalam bidang pendidikan, yaitu kelas, aktor dalam penelitian ini adalah guru sebagai implementator Kurikulum 2013 serta kegiatan pembelajaran bahasa Prancis (Sugiyono, 2012:314). Kegiatan pembelajaran sebagai wujud implementasi kurikulum yaitu meliputi: perencanaan pengajaran, pelaksanaan pengajaran dan penilaian pengajaran/evaluasi. (Majid, 2014:24). Umumnya, kegiatan pembelajaran mencangkup kegiatan awal atau pembukaan, kegiatan inti atau pembentukan kompetensi dan karakter, serta kegiatan akhir atau penutup. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Kurikulum 2013 sudah terimplementasi meskipun belum sempurna. Perencanaan pembelajaran bahasa Prancis yang dilakukan oleh guru hanya mencapai 54% dari komponen pembelajaran yang tercantum dalam RPP. Kemudian dalam proses pembelajaran sesuai dengan pendekatan saintifik, ada beberapa tahapan pembelajaran menurut Kurikulum 2013 tidak dilakukan oleh guru sesuai seperti RPP yang telah disiapkan. Juga, tidak adanya media ajar dan atau buku ajar yang dipakai selama proses pembelajaran berlangsung. Namun, kegiatan evaluasi pembelajaran dilaksanakan, yaitu tes berbicara. Siswa cukup baik dalam tes tersebut, namun perlu ditingkatkan kembali kreativitasnya agar siswa lain yang menyimak mudah memahami maksud dari apa yang telah dipresentasikan. Kata kunci: Implementasi kurikulum 2013, komponen proses pembelajaran, pembelajaran bahasa Prancis
The purpose of this study is to describe the 2013‟s Curriculum implementation in French learning. This research uses qualitative-descriptive research method by Miles and Huberman. The data collection techniques consist of, the observation to know how about the social situation in field (class), the French teacher as implementer of 2013‟s Curriculum and also the learning process. The learning activities as a form of curriculum implementation that aims to: teaching planning, learning process and assessment of teaching /evaluation (Majid, 2014: 24). Generally, learning activities include the initial or opening activities, the principal activities, as well as final activities are concluding and evaluating. The results revealed that the 2013‟s curriculum has been implemented although not yet perfect. French teacher did about 54% 2013's Curriculum learning components that listed in RPP prepared. Then in the learning process in accordance with the scientific approach, there are several 2013‟s curriculum important teaching components are not done by the teacher in accordance such as RPP that has been prepared. Also, the absence of instructional media and / or textbooks used during the learning process. However, the evaluation activity have been conducted by the French teacher, the evaluation was a speaking test (production orale), but need to improve the students creativity and curiousity in the learning activity. Keywords: 2013‟s Curriculum Implementation, the component of learning process, learning French
SS00016874 | SK 16874 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain