Text
Hubungan antara manajemen hubungan pelanggan dan kepercayaan dengan loyalitas nasabah Bank Mandiri Cabang Buaran pada warga Rw 01 Kelurahan Duren Kecamatan Duwen Sawit Sawit di Jakarta
Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara manajaemen hubungan pelanggan dan kepuasan dengan loyalitas nasabah bank Mandiri cabang Buaran pada warga RW 01 kelurahan Duren Sawit kecamatan Duren Sawit di Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan, yaitu bulan Februari – Juni 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh warga RW 01 kelurahan Duren Sawit kecamatan Duren Sawit. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 105 warga. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner dengan skala likert. Ketiga variabel yaitu Loyalitas Nasabah (Y), Manajemen Hubungan Pelanggan (X1) dan Kepercayaan (X2) merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji lineritas. Kedua uji regresi linear berganda. Ketiga uji hipotesis yang berisi uji t dan uji F. Keempat uji korelasi ganda. Perhitungan terakhir yaitu analisis koefisien determinasi. thitung pada variabel Manajemen Hubungan Pelanggan sebesar 5,015,dan thitung untuk variabel Kepercayaan sebesar 3,652. Dimana ttabel sebesar 1,65993 ini berarti terdapat pengaruh signifikan parsial variabel Manajemen Hubungan Pelanggan dan Kepercayaan dengan Loyalitas Nasabah. Karena thitung > ttabel, sedangkan untuk Uji F, didapati Fhitung sebesar 39,617 > nilai Ftabel sebesar 3,087. Dimana dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara simultan variabel Manajemen Hubungan Pelanggan dan Kepercayaan dengan Loyalitas Nasabah karena Fhitung > Ftabel. Persamaan regresi berganda memperoleh hasil Ẏ = 33,453 + 0,415 X1 + 0,301 X2. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,437. Ini berarti variabel Manajemen Hubungan Pelanggan (X1) dan Kepercayaan (X2) berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah (Y) sebanyak 43,7% .Kata Kunci: Loyalitas Nasabah, Manajemen Hubungan Pelanggan, Kepercayaan
The purpose of this study was conducted to determine whether there is correlation between customer relationship management and Trust with Customer Loyalty of Mandiri Unit Buaran on Citizen Association 01 Kelurahan Duren Sawit Kecamatan Duren Sawit in Jakarta. This research was conducted for five months, that is February – June 2018. The method use in this research is survey method. The population in this study is all the people on Citizen Association 01 Kelurahan Duren Sawit Kecamatan Duren Sawit. The technique of selecting respondent using purposive sampling which amounted to 105 people. For data collecting researchers using questionnaires with Likert scale. The variables are Customer Loyalty (Y), Customer Relationship Management (X1) and Trust (X2) is the primary data obtained from the dissemination of research questionnaires. Data analysis technique used is, first test requirement analysis consisted of test of normality and test of lineararitas. Both multiple linear regression tests. The three hypothesis test that contains t test and F test. Fourth multiple correlation test. The last one is analysis of coefficient of determination. thitung on Customer Relationship Management variable equal 5,015and thitung on Trust that is equal to 3,652. Where ttabel equal to 1,65993 this means there is significant partial correlation of Customer Relationship Management and Trust to Customer Loyalty. Because thitung > ttabel. While for test F, found the result Fcount of 39,617 > Ftable value 3,087. Where can be drawn the conclusion that there influence simultaneously between variabel Customer Relationship Management and Trust to Customer Loyalty. Because Fcount >Ftable. Multiple regression equation obtained result Ẏ = 33,453 + 0,415 X1 + 0,301 X2. R2 coefficient of determination value of 0,437. This means that Customer Relationship Management (X1) and Trust (X2) variables affect Customer Loyalty (Y) by 43,7%. Keywords: Customer Loyalty, Customer Relationship Management, Trust
SS00016911 | SK 16911 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain