Text
Hubungan antara celebrity endorsement dan citra merek dengan keputusan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta
Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juni 2018 di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta,. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity endorsement dan citra merek dengan keputusan pembelian smartphone pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 121 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 23,006 + 0,430 X1 + 0,387 X2.Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smimov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,318 < 3,072 dan uji linieritas regresi Y atas X2 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,468 < 3,072, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 37,364> 3,072, sehingga dapat disimpulkan bahwa, persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 6,658 dan ttabel = 1,65787, Y atas X2 thitung = 6,045 dan ttabel = 1, 1,65787. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa, koefisien korelasinya adalah positif dan signifikan terdapat hubungan antara celebrity endorsement dengan keputusan pembelian. Positif dan signifikan terdapat hubungan antara citra merek dengan keputusan pembelian. Positif dan signifikan terdapat hubungan antara celebrity endorsement dan citra merek dengan keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,388 yang menunjukkan bahwa, 38,8% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh celebrity endorsement dan citra merek.
This research was conducted at Faculty of Economics, State University of Jakarta, for 6 months from January to June 2018. The purpose of this research is to know the relationship between celebrity endorsement and brand image with the decision of purchasing smartphones at the students of Faculty of Economics, State University of Jakarta. The research method used is survei method with correlational approach, the population used is all students of Faculty of Economics, State University of Jakarta. The sampling technique used is the technique of purposive sampling of 121 people. The resulting regression equation is Ŷ = 23,006 + 0,430 X1 + 0,387 X2. Test the analytical requirement that is test of normality with Kolmogorov-Smimov test with significance level (α) = 5% or 0,05 and yield significant level Y value equal to 0,200, X1 value of 0.200, X2 is worth 0.200. Because the level of significance of these three variables> 0.05 it can be concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. The linearity regression test of Y over X1 yields F count
SS00016915 | SK 16915 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain