Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar peserta didik SMK Negeri 16 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Negeri 16 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimental semu. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 16 Jakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Non Equivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini, pengambilan data hasil belajar menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda yang diberikan kepada peserta didik.
Perhitungan validitas soal menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas soal menggunakan rumus Kuder Richardson 20 (K-R 20). Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, kemudian uji hipotesis digunakan dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data varians adalah homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh, thitung sebesar 4,073 dengan ttabel sebesar 1,668, dengan demikian, thitung > ttabel (4,073 > 1,668), artinya H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh dalam model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar peserta didik X Akuntansi SMK Negeri 16 Jakarta.
This study aims to determine the effect of cooperative learning model Course Review Horay type of learning outcomes of students of class X Accounting at Vocational High School 16 Jakarta. This research is an experimental research with a quasi-experimental design. The sample of this research is students of class X Accounting Vocational High School 16 Jakarta. Samples were taken using NonEquivalent Control Group Design technique. In this study, the retrieval of learning results using multiple choice test questions given to students.
Calculation of the validity of the matter using Product Moment formula and reliability of the matter using the formula Kuder Richardson 20 (K-R 20). The technique of data analysis was tested prerequisite before the test of normality by using Lilliefors test and homogeneity test by using Fisher test, then hypothesis test used by using t-test. The test results of the analysis requirements state that in normality test the two classes are normally distributed. Homogeneity test results of variance data are homogeneous. Hypothesis testing shows that obtained, tcount equal to 4,073 with ttable equal to 1,668, thus, tcount> ttable (4,073> 1,668), meaning H0 rejected and H1 accepted which mean there is the influence in cooperative learning model of Course Review Horay type to result from students X Accounting Vocational High School 16 Jakarta.
SS00016935 | SK 16935 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain