Text
Hubungan antara kualitas produk dan lokasi dengan kepuasan pelanggan McDonald's Arion Mall pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 5 bulan mulai dari Febuari sampai dengan Juni 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas produk dan lokasi dengan kepuasan pelanggan McDonald’s Arion Mall pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 123 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 42,216 + 0,335X1 + 0,304X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,043 < 3,072 dan uji linieritas regresi Y atas X2 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,323 < 3,072, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 27,173 > 3,072, sehingga dapat disimpulkan bahwa, persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 3,249 dan ttabel = 1,65765, Y atas X2 thitung = 2,819 dan ttabel = 1,65765. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, koefisien korelasinya adalah positif dan signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan, positif dan signifikan antara lokasi dengan kepuasan pelanggan serta positif dan signifikan antara kualitas produk dan lokasi dengan kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,312 yang menunjukkan bahwa, 31,2 % variabel kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas produk dan lokasi.
This research was conducted in The Faculty of Economics Student in State University of Jakarta, for 4 months, starting from Febuary to May 2018. The purpose of this study is to determine the correlation between product quality and location with the customer satisfaction McDonald’s Arion Mall in The Faculty of Economics Student in State University of Jakarta. The research method used is survey method with the correlation approach, population used are all student in The Faculty of Economics Student in State University of Jakarta. The sampling technique used technique of Purposive sampling as many as 123 people. The resulting regression equation is Ŷ = 42,216 + 0,335X1 + 0,304X2. Test requirements analysis that estimates the error normality test regression of Y on X1 with Kolmogorov-Smirnov test with significance level (α) = 5% or 0,05 estimates significance of Y equal to 0,200, X1 equal to 0,200, X2 equal to 0,200. Because the significance level is> 0.05 it can be concluded that the data is normally distributed and can be used. Testing linearity of regression Y on X1 produces Fcount < Ftable is 1,043 < 3,072 and testing linearity of regression Y on X2 produces Fcount < Ftable is 1,323 < 3,072, so it is concluded that the linear equation regression. Hypothesis testing from the significance regression Y on X1 and X2 produces Fcount > Ftable which, 27,173 > 3,072, meaning that the regression equation is significant. Then performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, tcount = 3,249 and ttable = 1,65765 and performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, tcount = 2,819 and ttable = 1,65765. It can conclude that is positive and significant between product quality with the customer satisfaction, positive and significant between location with the customer satisfaction, positive and significant between product quality and location with the customer satisfaction. The coefficient of determination Y on X1 and X2 obtained by sebesar 0,312 indicating that, 31,2 % variable customer satisfaction is determined by the product quality and location.
SS00016945 | SK 16945 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain