Text
Implementasi gerakan Indonesia melayani dalam meningkatkan kualitas layanan publik : studi kualitatif di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kramat Jati
Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh informasi mengenai Implementasi Gerakan Indonesia Melayani dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Publik di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kramat Jati, mengetahui bagaimana pelaksanaan Gerakan Indonesia Melayani yang dapat mempengaruhi peningkatan Kualitas Pelayanan Publik sehingga mencapai Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini dimulai pada April hingga Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Alat yang digunakan adalah observasi, studi dokumen, dan wawancara yang dilakukan kepada informan dan key informan terkait dengan penelitian serta pendapat ahli yang sesuai dengan bidang penelitian yaitu Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Gerakan Indonesia Melayani di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kramat Jati berada pada tahap pemantauan dan evaluasi. Terdapat 3 fokus program yang belum dilaksanakan secara menyeluruh. Gerakan Indonesia Melayani menjadi stimulus dan penegas dalam pelaksanaan pelayanan prima dan telah meningkatkan kepuasan masyarakat dengan memenuhi 7 indikator kualitas pelayanan publik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Gerakan Indonesia melayani telah diimplementasikan dan berhasil meningkatkan kualitas pelayanan publik di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kramat Jati.
This study aims to obtain in-depth information about Indonesian Serve Movement in Improving The Quality of Public Services in One Door Integrated Service of Kramat Jati to know how the implementation of Indonesian Serve Movement that can improving the quality of public services. This study began in April to May 2018.
The research method used is qualitative. The tool used is observation, document study, and interviews conducted to informants and key informants associated with the research and an expert opinion in accordance with the field of research that is a Coordination of the implementation Policy and evaluation the public service Ministry utilization of State apparatus and reform of Bureaucracy
Indonesian Serve Movement is at the stage of monitoring and evaluation. There are 3 focus programs that have not been carried out thoroughly. Indonesia Serve movement be stimulus and reinforcement that assert in the implementation of excellent service and satisfaction have improved society by fulfilling the 7 public service quality indicator. The conclusions of this research are a Indonesian Serve Movement have been implemented and succeeded in improving the quality of public services in One Door Integrated Service of Kramat Jati.
SS00016909 | SK 16909 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain