Text
Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis kelas untuk menumbuhkan nilai karakter nasional siswa di SMPN 49 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh informasi mengenai Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Kelas untuk menumbuhkan Nilai Karakter Nasionalis Siswa, mengetahui bagaimana pelaksanaan Pendidikan Karakter berbasis Kelas yang dapat menumbuhkan Nilai Karakter Nasionalis pada Siswa. Penelitian ini dimulai pada Maret hingga Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Alat yang digunakan adalah observasi, studi dokumen, dan wawancara yang dilakukan kepada informan dan key informan terkait dengan penelitian serta pendapat ahli yang sesuai dengan bidang penelitian yaitu Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang juga menjabat sebagai Ketua TIM Penguatan Pendidikan Karakter. Penguatan Pendidikan Karakter di SMPN 49 Jakarta berada pada tahap pelaksanaan. SMPN 49 Jakarta menggunakan model gabungan dalam implementasi Pendidikan Karakter di Sekolahnya, karena menggabungkan model terintegrasi dan model diluar pembelajaran (non formal). Penguatan Pendidikan Karakter berbasis kelas telah dilaksanakan oleh guru-guru di SMPN 49 Jakarta melalui pengintegrasian dalam kurikulum, manajemen kelas, metode pembelajaran, dan gerakan literasi (silent reading). Metode pembelajaran yang digunakan Guru SMPN 49 Jakarta untuk mengintegrasikan Nilai Karakter Nasionalis adalah problem based learning dan project based learning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas telah berhasil dilaksanakan dengan ditandai Nilai Karakter Nasionalis yang tumbuh dan berkembang pada siswa. Ditandai dengan terpenuhinya komponen karakter yang mengandung Nilai Karakter Nasionalis.
This study aims to obtain in-depth information about Reinforcement Character Building based Class for Developing Nasionalist Character Value of Students in SMPN 49 Jakarta, to know how the implementation of Reinforcement Character Building based Class that can developing nasionalist value of students. This study began in March to May 2018.
The research method used is qualitative. The tool used is observation, document study, and interviews conducted to informants and key informants associated with the research and an expert opinion in accordance with the field of research that is a Expert Staff from the Ministry of Education and Culture and also served as a Team Leader of Reinforcement Character Building.
Reinforcement Character Building based Class in SMPN 49 Jakarta is at the stage of implementation. SMPN 49 Jakarta used combined model of the implementation, because it combines an integrated model and the model outside (non-formal) learning. Reinforcement Character Building has been implemented by teachers through integration in the curriculum, classroom management, learning methods, and the literacy movement (silent reading). Learning methods that Teacher’s use to integrate Nationalist Character Values is problem based learning and project based learning. The conclusions of this study is the Reinforcement Character Building has been successfully implemented with marked nationalist character values grow and develop in students. Marked with the correct fulfillment of the component characters containing the value of the nationalists character.
SS00016908 | SK 16908 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain