Text
Hubungan antara pola asuh orang tua dan konsep diri dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 22 di Jakarta
Penelitian dilakukan di SMK Negeri 22 di Jakarta selama 6 (bulan) terhitung pada bulan Desember 2017 sampai dengan Juni 2018. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan konsep diri dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 22 di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan korelasional, populasi diambil dari siswa SMK Negeri 22 di Jakarta. Jumlah sampel sebanyak 131 responden diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 53,363 + 0,133 X1 + 0,159 X2. Uji persyaratan analisis yaitu menggunakan uji normalitas dan linieritas. Uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,146 < 3,066 dan uji linieritas regresi Y atas X2 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,774 < 3,066, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 100,183 > 3,066, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Kemudian dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 6,333 dan ttabel = 1,65685, Y atas X2 thitung = 7,844 dan ttabel = 1,65685. Dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasinya adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,610 yang menunjukkan bahwa 39,0% variabel prestasi belajar ditentukan oleh pola asuh orang tua dan konsep diri.
This research was conducted in 22 Vhs Jakarta, for six months, starting from December to June 2018. The purpose of this study is to determine the correlation between pattern of parenting and self concept with learning achievement on student 22 Vhs in Jakarta. The research method used is correlation approach, population used are student in 22 Vhs Jakarta. The sampling technique used simple random sampling as many as 131 people. The resulting regression equation is Ŷ = 53,363 + 0,133 X1 + 0,159 X2. Test requirements analysis that estimates the error normality test regression of Y on X1 with Kolmogorov-Smirnov test with significance level (α) = 5% or 0,05 estimates significance of Y equal to 0,200, X1 equal to 0,200, X2 equal to 0,200. Because the significance level is> 0.05 it can be concluded that the data is normally distributed and can be used. Testing linearity of regression Y on X1 produces Fcount < Ftable is 1,146 3,066, meaning that the regression equation is significant. Then performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, Y on X1 tcount = 6,333 and ttable =1,65685 and performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, Y on X2 tcount = 7,844 and ttable = 1,65685. It can conclude that is possitive and significant. The coefficient of determination Y on X1 and X2 obtained by 0,610 indicating that, 39,0% variable learning achievement is determined by pattern of parenting and self concept.
SS00016974 | SK 16974 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain