Text
Hubungan antara disiplin belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar pengantar ekonomi bisnis pada siswa kelas XI di SMK Negeri 62 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara disiplin belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar pengantar ekonomi bisnis pada siswa kelas XI di SMK Negeri 62 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 62 Jakarta. Selama empat bulan terhitung sejak bulan Februari 2018 sampai dengan Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 62 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 100 siswa. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar, hipotesis ini di buktikan dengan nilai thitung (6,656) > ttabel (1,67). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar thitung (5,923) > ttabel (1,67). Persamaan regresi berganda yang diperoleh adalah Ŷ = 65,709 + 0,115X1 + 0,111X2. Hubungan antara Disiplin Belajar dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar diperoleh dari hasil koefisien ganda sebesar 0,793. Jadi kemampuan dari variabel disiplin belajar dan gaya belajar untuk menjelaskan hasil belajar mendapatkan hasil koefisien determinasi sebesar 62,1% sedangkan sisanya 37,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar dari penelitian ini.
This study aims to obtain appropriate knowledge to obtain empirical data and facts that are appropriate, valid, valid, and reliable and reliable about the relationship between learning discipline and learning styles with the results of introductory learning of business economics in the students of class XI in SMK Negeri 62 Jakarta. This research was conducted at SMK Negeri 62 Jakarta. For four months starting from February 2018 until June 2018. The research method used is survey method with correlational approach, the population used is Class XI Student SMK Negeri 62 Jakarta. The sampling technique used is a simple random technique of 100 students. While the analysis technique of this research using multiple linear regression. The hypothesis of this study shows that: (1) There is a positive and significant correlation between learning discipline and learning outcomes, this hypothesis is proved by tcount (6,656)> ttable (1.67). (2) There is a positive and significant correlation between learning styles with thitung learning outcomes (5,923)> ttable (1.67). The multiple regression equation obtained is Ŷ = 65,709 + 0,115X1 + 0,111X2. The relationship between Learning Discipline and Learning Styles with Learning Outcomes is obtained from a double coefficient of 0.793. So the ability of learning discipline variables and learning styles to explain learning outcomes get the coefficient of determination of 62.1% while the remaining 37.9% influenced by other factors outside of this study.
SS00016973 | SK 16973 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain