Text
Hubungan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi bisnis pada siswa kelas X di SMK Negeri 50 Jakarta
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 50 Jakarta, selama 6 bulan terhitung sejak bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar Ekonomi Bisnis pada siswa kelas X SMK Negeri 50 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 50 Jakarta yang berjumlah 250 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik proportional random sampling sebanyak 146 siswa. Persamaan regresi linier berganda yang dihasilkan adalah Ŷ = 40,398 + 0,223 X1 + 0,176 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Dari uji signifikansi simultan (Uji F) menghasilkan Fhitung 114,110 > Ftabel 3,060, sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Selanjutnya, dilakukan uji t antara X1 dan Y menghasilkan thitung 5,642 > ttabel 1,97669, sehingga kesimpulannya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa. Sedangkan uji t X2 dan Y menghasilkan thitung 7,607 > ttabel 1,97669, sehingga kesimpulannya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan koefisien korelasinya didapat nilai R sebesar 0,784, maka keeratan hubungan antara lingkungan belajar (X1) dan motivasi belajar (X2), dengan hasil belajar (Y) tergolong kuat. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,615 yang menunjukkan bahwa 61,5% variabel hasil belajar siswa ditentukan oleh lingkungan belajar dan motivasi belajar. Sedangkan koefisien determinasi Y atas X1 yang diperoleh sebesar 0,459 yang menunjukkan bahwa 45,9% variabel hasil belajar siswa ditentukan oleh lingkungan belajar. Selanjutnya koefisien determinasi Y atas X2 yang diperoleh sebesar 0,529 yang menunjukkan bahwa 52,9% variabel hasil belajar siswa ditentukan oleh motivasi belajar. Kata kunci: Hasil Belajar, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar
This research was conducted at SMK Negeri 50 Jakarta, for 6 months starting from January until June 2018. The purpose of this study is to determine the relationship between learning environment and learning motivation with the results of learning Business Economics in students of class X SMK Negeri 50 Jakarta. The research method used is survey method with correlational approach, the inaccessible population is all students of class X in SMK Negeri 50 Jakarta, amounting to 250 students. The sampling technique used is by proportional random sampling technique as many as 146 students. The multiple linear regression equation produced is Ŷ = 40,398 + 0,223 X1 + 0,176 X2. Test requirement analysis that is test of normality with Kolmogorov-Smirnov test with significance level (α) = 5% or 0,05 and yield significant level equal to 0,200. Because the significance level > 0.05 then it can be concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. From simultaneous significance test (Test F) yield Fcount 114,110 > Ftable 3,060, so it can be concluded that learning environment and learning motivation simultaneously have a significant effect on learning outcomes. Furthermore, t test between X1 and Y resulted in tcount 5,642 > ttable 1,97669, so the partial conclusion there is a significant influence between learning environment and student learning outcomes. While t test of X2 and Y yield tcount 7,607 > ttabel 1,97669, so the partial conclusion there is significant influence between learning motivation with student learning result. Based on the correlation coefficient obtained R value of 0.784, then the closeness of the relationship between the learning environment (X1) and learning motivation (X2), with learning outcomes (Y) quite strong. The coefficient of determination Y on X1 and X2 obtained by 0.615 indicates that 61.5% variable of student learning outcomes is determined by learning environment and learning motivation. While the coefficient of determination of Y on X1 obtained by 0.459 which indicates that 45.9% of student learning outcomes are determined by the learning environment. Furthermore, the coefficient of determination Y on X2 obtained for 0,529 indicating that 52,9% variable of student learning result determined by learning motivation. Keywords: Learning Outcomes, Learning Environment, Learning Motivation
SS00016985 | SK 16985 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain