Text
Hubungan antara lingkungan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar pengantar ekonomi bisnis pada siswa SMK Negeri 22 di Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara lingkungan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar belajar pengantar ekonomi bisnis pada siswa SMK Negeri 22 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung dari bulan Januari 2018 hingga Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 22 Jakarta berjumlah 175 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 114 siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana. Data hasil belajar adalah data sekunder sedangkan data lingkungan belajar (X1) dan perhatian orang tua (X2) adalah data primer dengan menggunakan kuesioner modal skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis yang terdiri dari uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa secara parsial variabel lingkungan belajar memiliki thitung 12,906 > ttabel 1,66 dan perhatian orang tua memiliki thitung 10,499 > ttabel 1,66 yang menyatakan signifikansi (thitung > ttabel) artinya masing-masing variabel bebas yaitu lingkungan belajar memiliki hubungan yang positif signifikan dengan hasil belajar pengantar ekonomi bisnis serta perhatian orang tua yang positif signifikan dengan hasil belajar pengantar ekonomi bisnis. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,598 yang artinya hubungan variabel bebas (lingkungan belajar) terhadap variabel terikat (hasil belajar) sebesar 59,8% dan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,496 yang artinya hubungan variabel bebas (perhatian orang tua) terhadap variabel terikat (hasil belajar) sebesar 49,6%.
This study aims to determine whether there is a the correlation between the learning environment and the attention of parents with learning outcomes of basic business economic study on students of SMK Negeri 22 in Jakarta. This research was conducted for 6 months starting from January 2018 until June 2018. The research method used is survey method with correlational approach. The population in this study is the students of class X SMK Negeri 22 Jakarta totaling 175 students. The sample used in this research is 114 students by using simple random technique. Learning result data is secondary data while learning environment data (X1) and parent attention (X2) is primary data by using Likert scale capital questionnaire. Data analysis technique used is test requirement analysis consisting of normality test, linearity test, simple linear regression test, hypothesis test consist of t test. Based on the results of data analysis can be seen that the partial learning environment variables have tcount 12,906> ttable 1.66 and attention of parents have tcount 10.499> ttable 1.66 which states significance (tcount> ttable) means each independent variable that is learning environment has a significant positive relationship with the results of basic business economics as well as significant positive parental concerns with the results of basic business economics. Based on the determination coefficient test obtained R2 value of 0.598 which means the relationship of independent variables (learning environment) to the dependent variable (learning outcome) of 59.8% and test coefficient determination obtained value R2 of 0.496 which means the relationship of independent variables the dependent variable (learning outcome) was 49.6%.
SS00016987 | SK 16987 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain