Text
Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 17 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri 17 Jakarta. Penelitian dilakukan selama dua bulan terhitung dari bulan April sampai dengan Mei tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 17 Jakarta yang berjumlah 143 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 104 siswa. Data variabel (Y) hasil belajar merupakan data sekunder yang diperoleh dari nilai ulangan harian. Sedangkan data variabel perhatian orang tua dan motivasi belajar diperoleh dari menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai Fhitung (14,591) > Ftabel (3,09), sehingga perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar. Pada variabel X1 diketahui bahwa thitung (2,755) > ttabel (1,984) sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar. Pada variabel X2 diketahui bahwa thitung (3,400) > ttabel (1,984) sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Besarnya pengaruh variabel perhatian orang tua dan motivasi belajar secara serentak terhadap hasil belajar (R2) adalah 22,4% dengan nilai R sebesar 0,224.
This study aims to determine the Influence between Parental Supervision and Motivation Learning to Learning Outcomes on Introduction to Accounting Student Class XI in SMK Negeri 17 Jakarta. The study was conducted for two months from April to May 2018. The research method used is survey method. The population is affordable in this study are students of class XI SMKN 17 Jakarta, amounting to 143 students. The sampling technique using proportionate stratified random sampling so that the sample obtained 104 students. The variable data (Y) of the learning result is secondary data obtained from daily test scores. While the variable data parental supervision and motivation learning derived from the questionnaire and documentation. Based on the results of data analysis, obtained the value of Fcount (14,591) > Ftable (3,09), so the parental supervision and motivation learning together affect the learning outcomes. In variable X1 is known that tcount (2,755) > ttable (1,984) so it can be concluded that part there is a significant influence between the parental supervision and learning outcomes. In the variable X2 known that tcount (3,400) > ttable (1,984) so it can be concluded that part there is a significant influence between motivation learning with learning outcomes. The amount of influence of learning readiness variable and interest in learning simultaneously to the learning result (R2) is 22,4% with 0,224 R-value,.
SS00016971 | SK 16971 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain