Text
Hubungan antara lingkungan belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris pada siswa SMK Negeri 3 di Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara lingkungan beajar dan gaya belajar dengan hasil belajar pada siswa SMK Negeri 3 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Jakarta. Selama empat bulan terhitung sejak bulan Maret 2018 sampai dengan Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 115 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji lineritas. Kedua uji regresi linear berganda. Ketiga uji hipotesis yang berisi uji t dan uji F. Keempat uji korelasi ganda. Perhitungan terakhir yaitu analisis koefisien determinasi. thitung pada variabel Lingkungan Belajar sebesar 4,474 dan thitung untuk variabel Gaya Belajar sebesar 4,474. Dimana ttabel sebesar 1,65857 ini berarti terdapat pengaruh signifikan parsial variabel Lingkungan Belajar dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar. Karena thitung > ttabel, sedangkan untuk Uji F, didapati Fhitung sebesar 30,797> nilai Ftabel sebesar 3,079. Dimana dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara simultan variabel Lingkungan Belajar dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar karena Fhitung > Ftabel. Persamaan regresi berganda memperoleh hasil Ŷ = 38,059 + 0,287X1 + 0,245X2. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,423. Ini berarti variabel Lingkungan Belajar (X1) dan Gaya Belajar (X2) berpengaruh terhadap Hasil Belajar (Y) sebanyak 42,3%.
This study aims to obtain empirical data and facts that are appropriate, valid, and reliable and about the correlation between the self efficacy and learning motivation on academic achievement in students of SMK Negeri 3 jakarta. This research was held at SMK Negeri 3 Jakarta. For four months starting from March 2018 to June 2018. The research method is survey with correlational approach, the population are students of class X SMK Negeri 3 Jakarta. Used simple random technique sampling of 115 students. Data analysis technique used is, first test requirement analysis consisted of test of normality and test of lineararitas. Both multiple linear regression tests. The three hypothesis test that contains t test and F test. Fourth multiple correlation test. The last one is analysis of coefficient of determination. thitung on Learning Environmrnt variable equal 4,474 and thitung on Learning that is equal to 4,299 where ttabel equal to 1,65857, this means there is significant partial correlation learning environment and Learning Style. Because thitung > ttable. While for test F, founf the result Fcount of 30,797 >Ftable value 3,079. Where can be drawn the conclusion that there influence simultaneously between variabel Self-Efficacy and Learning Motivation to Academic Achievement. Because Fcount>Ftable, Multiple regression equation obtained result Ŷ = 38,059 + 0,287X1 + 0,245X2. R2 coefficient of determination value of 0,355. This means that Learning Environment (X1) and Learning Style (X2) variables affect Learning Outcomes (Y) by 42,35%.
SS00017014 | SK 17014 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain