Text
Pengaruh kebiasaan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar korespondensi pada siswa kelas X di SMK Satria Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh kebiasaan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar korespondensi pada siswa kelas X di SMK Satria Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan, terhitung dari bulan Januari sampai dengan Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini ada seluruh siswa AP di SMK Satria Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah siswa AP kelas X SMK Satria Jakarta yang berjumlah 165 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, maka sampel dalam penelitian sebanyak 165 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari kebiasaan belajar dan kemandirian belajar sebesar 0,877 > 0,1, dan nilai VIF sebesar 1,140 < 10. Sedangkan hasil uji heteroskedastisitas melalui uji Spearman’s rho, nilai signifikansi kebiasaan belajar 0,117 > 0,05 dan kemandirian belajar 0,475 > 0,05. Selanjutnya persamaan regresi yang didapat yaitu Ŷ = 9,709 + 0,428 X₁ + 0,262 X₂. Berdasarkan uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Pertama, berdasarkan hasil uji F maka (Fhitung > Ftabel), yaitu sebesar 46,171 > 3,08. Kedua, berdasarkan hasil uji t maka (thitung > ttabel), yaitu kebiasaan belajar sebesar 7,023 > 1,984 dan kemandirian belajar sebesar 3,678> 1,984. Berdasarkan uji koefisien determinasi, kebiasaan belajar dan kemandirian belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 46,3% sedangkan sisanya 53,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar korespondensi pada siswa kelas X di SMK Satria Jakarta. Indikator terendah dari kebiasaan belajar adalah mengerjakan tugas oleh karena itu hendaknya memperhatikan peserta didiknya dalam mengerjakan tugas. Sedangkan indikator terendah dari kemandirian belajar adalah bertanggung jawab. Oleh karena itu guru harus memberikan dorongan dan motivasi yang memadai guna meningkatkan hasil belajar siswa.
The purpose of this research is to know the influence of study habits and independent learning to correspondence learning outcomes on X student class at Vocational High School Satria Jakarta. This research was conducted for four months from January until Mei 2018. The method of research is survey with correlational approach. The population in this reaseach were all Office Administration students at Vocational High School Satria Jakarta. Population affordability are Office Administration students of first level class annouted to 206 students. The technique sampling has been used proportional random sampling technique, so the sample in this research was 165 respondents. The technique record of data used quesioner and documentation. Based on the analysis requirements test, data has been normal and have a linear relationship. Based on the classic assumption test, the absence of multicollinearity for Tolerance value of study habits and independent learning was 0,887 > 0.1, and VIF value of 1.140 < 10. While, heteroskedasticity test with of Spearman’s rho, the significance of study habits 0.117 > 0.05 and independent learning 0.475 > 0,05. Than regression equation that Ŷ = 9.709 + 0.428 X ₁ + 0.262 X ₂ . Based on the hypothesis test was like F test and t test. First, based on the result of the F test with (Fcount > Ftable), that of 46.171 > 3.08. Second, based on the result of the t test with (tcount > ttable), that study habits of 7.023 > 1.984 and independent learning 3.678 > 1.984. Based on the coefficien determination test, study habits and independent learning simultaneously influence on learning outcomes of 46.3% while the rest of 53.7% influence by the other factors not research. It is concluded that there are significant influence between study habits and independent learning to correspondence learning outcomes on X student class at Vocational High School Satria Jakarta. The lowest indicator of study habits is a doing task. Therefore, teacher must pay attention their students to doing the task. Therefor, the lowest indicator of independent learning is responsible. Therefore, teacher must give motivation and encouragement to increase students learning outcomes
SS00017015 | SK 17015 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain