Text
Hubungan antara perhatian orang tua dan gaya belajar dengan hasil belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas X SMK Negeri 16 di Jakarta
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di SMK Negeri 16 Jakarta, selama 5 bulan terhitung sejak bulan Februari 2018 sampai dengan Juni 2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa kelas X di SMK Negeri 16 Jakarta dan hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa kelas X di SMK Negeri 16 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 16 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 131 siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 26,542 + 0,607X1 untuk variabel perhatian orang tua, dan Ŷ = 23,539 + 0,618X2 untuk variabel gaya belajar. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dengan hasil pengujian dapat diketahui signifikansi variabel hasil belajar (Y) sebesar 0,200., perhatian orang tua (X1) sebesar 0,200., dan gaya belajar (X2) sebesar 0,200., maka data tersebut disimpulkan berdistribusi normal. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,641 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 untuk X1 dan rxy = 0,650 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 untuk X2 karena mempunyai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Selanjutnya dilakukan uji t dan dihasilkan thitung9,475 > ttabel1,656 untuk perhatian orang tua (X1) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar dan nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,410 yang menunjukan bahwa perhatian orang tua mempengaruhi hasil belajar sebesar 41%. Selanjutnya, nilai thitung gaya belajar (X2) thitung9,703 > ttabel1,656, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar dan nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,422 yang menunjukan bahwa gaya belajar mempengaruhi hasil belajar sebesar 42,2%.Kata kunci : Hasil Belajar, Perhatian Orang Tua, Gaya Belajar
This research was conducted at students class X in 16 Vocational High School Of Jakarta, for 5 months, starting from February 2018 to June 2018. The purpose of this research is to know the relationship between parents attention with learning outcomes subject mathematics students class X at 16 Vocational High School of Jakarta and the relationship between learning style with learning outcomes subject mathematics students class X at 16 Vocational High School of Jakarta. The research method used is survey method with the correlation approach, population used are all students class X at 16 Vocational High School of Jakarta. The sampling technique used technique of simple random sampling as many as 131 students. The resulting regression equation is Ŷ = 26,542 + 0,607X1 for variable parents attention, and Ŷ = 23,539 + 0,618X2 for variable learning style. Test of normality test IE analysis requirements using the Kolmogorov-Smirnov Test with the test results can be known the significance of learning outcomes (Y) of 0,200., parents attention (X1) of 0,200., and learning style (X2) of 0,200., Because the data have greater significance of 0.05 hence the data inferred distribution normal. A correlation coefficient product moment of pearson produce rxy = 0,641 and the significance of 0,000 to X1 and rxy = 0,650 and the significance of 0,000 to X2 because it has significance less than 0,05 it can be concluded that there is positive and significant correlation. Then test t and generated thitung9,475 > ttabel1,656 for parents attention (X1), thus it can be concluded that there is a positive and significant relationship between parents attention with learning outcomes and the determination coefficient values acquired for 0,410 showed that parents attention affecting of learning outcomes as many as 41%. Thus, value thitung learning outcomes (X2) thitung9,703 > ttabel1,656, thus it can be concluded that there is a positive and significant relationship between learning style with learning outcomes and the determination coefficient values acquired for 0,422 showed that learning style affecting of learning outcomes as many as 42,2%. Keyword: Learning Outcomes, Parents Attention, and Learning Style
SS00017003 | SK 17003 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain