Text
Hubungan antara kelompok referensi dan iklan dengan keputusan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonom, Universitas Negeri Jakarta, selama lima bulan terhitung sejak Februari sampai dengan Juni 2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kelompok referensi dengan keputusan pembelian, hubungan antara iklan dengan keputusan pembelian serta hubungan antara kelompok referensi dan iklan secara bersama-sama dengan keputusan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonom Universitas Negeri Jakarta di Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan korelasional dan populasinya adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta yang pernah membeli smartphone Samsung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling sebanyak 131 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Ŷ = 27,030 + 0,315 X1 + 0,437 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smimov dengan tingkat signifikanai (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu, 0,998 < 3,072 dan uji linieritas Y atas X2 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,961 < 3,072, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi Y ata X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 25,261 < 3,072, sehingga dapat disimpulkan bahwa, persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 2,837 > ttabel= 1,65685 dan Y atas X2 thitung = 3,702 > ttabel= 1,65685. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, koefisien korelasinya adalah positif dan signifikan sehingga terdapat hubungan antara X1 dengan Y, X2 dengan Y, serta X1 dan X2 dengan Y. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,283 yang menunjukkaan bahwa 23,8 % variabel keputusan pembelian ditentukan oleh kelompok referensi dan iklan.
This research was conducted in The Faculty of Economics Student in State University of Jakarta, for five months, starting from February to June 2018. The purpose of this study is to determine the correlatoin between references group with the purchase decision, the correlation between advertisement with the purchase decision and the correlation between references group and advertisement in together with the purchase decision Samsung smartphone in The Faculty of Economics Student in State University of Jakarta. The research method used is survey method with the correlation approach and population used are all student in The Faculty of Economics Student in State University of Jakarta. The sampling technique used technique of Purposive sampling as many as 131 people. The resulting regression equation is Ŷ = 27,030 + 0,315 X1 + 0,437 X2. Test requirements analysis that estimates the error normality test regression of Y on X1 with Kolmogorov-Smimov test with significance level (α) = 5% or 0,05 estimatessignificance of Y equal to 0,200, X1 equal to 0,200, X2 equal to 0,200. Because the significance level is> 0.05 it can be concluded that the data is normally distributed and can be used. Testing linearity of regression Y on X1 produces Fcount < Ftable is 0,998 < 3,072 and testing linearity of regression Y on X2 produces Fcount < Ftable is 0,961 < 3,072, so it is concluded that the linear equation regression. Hypothesis testing from the significance regression Y on X1 and X2 produces Fcount > Ftable which, 25,261 < 3,072, meaning that the regression equation is significant. Then performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting Y on X1, tcount = 2,837 > ttable= 1,65685 and Y on X2, tcount = 3,702 > ttable = 1,65474. It can conclude that is possitive and significant, so there is the correlation between X1 with Y, X2 with Y, X1 and X2 with Y. The coefficient of determination Y on X1 and X2 obtained by 0,283 indicating that, 28,3% variable customer satisfaction is determined by the references group and advertisement.
SS00016948 | SK 16948 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain