Text
Hubungan antara lingkungan keluarga dan gaya belajar dengan hasil belajar ekonomi bisnis pada siswa SMK Negeri 44 Jakarta Pusat
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara Lingkungan Keluarga dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Ekonomi Bisnis pada Siswa di SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 44 Jakarta. Selama enam bulan terhitung sejak bulan Januari 2018 sampai dengan Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 44 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 105 siswa. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung 8,513 > ttabel 1,659. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung 8,513 > ttabel 1,659. Persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Ẏ = 46,835 + 0,443X1 (X1) dan Ŷ = 52,048 + 0,372 (X2). Hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar diperoleh dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,621. Jadi kemampuan dari variabel lingkungan keluarga untuk menjelaskan hasil belajar secara parsial sebesar 38,6%. Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar diperoleh dari hasil koefisien korelasi sebesar 0.643. Jadi kemampuan dari variabel gaya belajar untuk menjelaskan hasil belajar secara parsial sebesar 41,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar dari penelitian ini. Kata kunci : Hasil Belajar, Lingkungan Keluarga, Gaya Belajar
This study aims to obtain appropriate knowledge to obtain empirical data and facts that are appropriate, valid, valid, and reliable and reliable about the relationship between Family Environment and Learning Style with Student Economics Learning Outcomes at SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. This research was conducted at SMK Negeri 44 Jakarta. For six months starting from January 2018 until June 2018. The research method used is survey method with correlational approach, the population used is Class XI students SMK Negeri 44 Jakarta. The sampling technique used is a simple random technique of 105 students. While the analysis technique of this research using simple linear regression. The hypothesis of this study shows that: (1) There is a positive and significant relationship between family environment with learning outcomes, this hypothesis is proved by the value of t count 8,513> ttabel 1.659. (2) There is a positive and significant relationship between learning styles with learning outcomes, this hypothesis is proved by the value of t count 8,513> ttabel 1.659. The simple regression equation obtained is Ẏ = 46,835 + 0,443X1 (X1) and Ŷ = 52,048 + 0,372 (X2). The relationship between family environment and learning outcomes is obtained from the correlation coefficient of 0.621. So the ability of the family environment variable to explain the learning outcomes partially by 38.6%. The relationship between learning styles with learning outcomes is obtained from the correlation coefficient of 0.643. So the ability of learning style variables to explain the learning outcomes partially by 41.3% while the rest is influenced by other factors outside of this study. Keywords: Learning Outcomes, Family Environment, Learning Style
SS00017005 | SK 17005 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain