Text
Hubungan antara gaya belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa SMKN 51 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar pada siswa SMK Negeri 51 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 51 Jakarta. Selama empat bulan terhitung sejak bulan Maret 2018 sampai dengan Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Siswa Kelas X SMK Negeri 51 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 131 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji lineritas. Kedua uji regresi linear berganda. Ketiga uji hipotesis yang berisi uji t dan uji F. Keempat uji korelasi ganda. Perhitungan terakhir yaitu analisis koefisien determinasi. thitung pada variabel Gaya Belajar sebesar 8,069 dan thitung untuk variabel Kemandirian Belajar sebesar 3,887. Dimana ttabel sebesar 1,65685 ini berarti terdapat pengaruh signifikan parsial variabel Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar. Karena thitung > ttabel, sedangkan untuk Uji F, didapati Fhitung sebesar 78,759> nilai Ftabel sebesar 3,072. Dimana dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara simultan variabel Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar karena Fhitung > Ftabel. Persamaan regresi berganda memperoleh hasil Ŷ = 25,515 + 0,416 X1 + 0,202 X2. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,552. Ini berarti variabel Gaya Belajar (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh terhadap Hasil Belajar (Y) sebanyak 55,2%.
This study aims to obtain empirical data and facts that are appropriate, valid, and reliable and about the Correlation Between the Learning Style and Learning Independence on English Learning Result of Student SMK Negeri 51 Jakarta. This research was held at SMK Negeri 51 Jakarta. For four months starting from March 2018 to June 2018. The research method is survey with correlational approach, the population are students of class X SMK Negeri 51 Jakarta. Used simple random technique sampling of 131 students. Data analysis technique used is, first test requirement analysis consisted of test of normality and test of lineararitas. Both multiple linear regression tests. The three hypothesis test that contains t test and F test. Fourth multiple correlation test. The last one is analysis of coefficient of determination. thitung on learning style variable equal 8,069 and thitung on Learning Independence that is equal to 3,887 where ttabel equal to 1,65685, this means there is significant partial correlation of Learning Style and Learning Independence. Because thitung > ttable. While for test F, founf the result Fcount of 78,759 >Ftable value 3,072. Where can be drawn the conclusion that there influence simultaneously between variabel Learning Style and Learning Indenpence to Learning Result. Because Fcount>Ftable, Multiple regression equation obtained result Ŷ =25,515 + 0,416 X1 + 0,202 X2. R2 coefficient of determination value of 0,552. This means that Learning Style (X1) and Learning Independence (X2) variables affect Learning Result (Y) by 55,2%.
SS00017006 | SK 17006 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain