Text
Pengaruh kemandirian belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 50 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh kemandirian belajar dan gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran ekonomi bisnis di SMK Negeri 50 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung mulai bulan Februari sampai Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 dan X Administrasi Perkantoran 2 yang berjumlah 72 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 58 siswa dengan menggunakan teknik acak proporsional. Data hasil belajar (Y) merupakan data sekunder, sedangkan data kemandirian belajar (X1) dan gaya belajar visual (X2) merupakan data primer dengan menggunakan International Standardized Scale model skala Likert. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari kemandirian belajar dan gaya belajar visual sebesar 0,698 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,432 < 10. Sedangkan hasil uji heteroskedastisitas melalui uji Spearman’s rho, nilai signifikansi kemandirian belajar 0,460 > 0,05 dan gaya belajar visual 0,967 > 0,05. Persamaan regresi yang didapat yaitu Ŷ = 8,962 + 0,453 X1 + 0,439 X2. Dari hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung 54,902 > Ftabel 3,17 artinya kemandirian belajar dan gaya belajar visual secara simultan berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Uji t menghasilkan thitung > ttabel. Pada kemandirian belajar thitung 5,566 > ttabel 1,673 dan gaya belajar visual thitung 4,361 > ttabel 1,673. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh 0,666 artinya pengaruh variabel bebas (kemandirian belajar dan gaya belajar visual) terhadap variabel terikat (hasil belajar) sebesar 66,6% dan sisanya sebesar 33,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
This study aims to determine there is an influence of independence learning and visual learning style on students first level class office administration department learning outcomes in business economics subject at SMK 50 Jakarta. This research was conducted for 4 months, starting from February until May 2018. The research method used is survey method with correlational approach. The population is students of class X Office Administration 1 and X Office Administration 2, amounting to 72 students. The sample used in this research is 58 students and using proportional random sampling. Learning outcomes (Y) data is secondary, while independence learning (X1) and visual learning style (X2) data are primary using Likert scale. Based on the analysis requirements test, the data has been normally distributed and has a linear relationship. Based on the classical assumption test, in the multicolinearity test there is Tolerance value of independence learning and visual learning style are 0,698 > 0,1 and VIF value is 1,432 < 10. While the results of heteroskedastisitas test through Spearman’s rho test, the significance value of independence learning of 0,460 > 0,05 and visual learning style 0,967 > 0,05. The regression equation is Ŷ = 8,962 + 0,453 X1 + 0,439 X2. The result of F test in ANOVA table produces Fhitung 54,902 > Ftabel 3,17, this means independence learning and visual learning style simultaneously positively influence the learning outcomes. The t test produces thitung > ttabel. On the independence learning thitung 5,566 > ttabel 1,673 and visual learning style thitung 4,361 > ttabel 1,673. Then the determination coefficient test obtained 0,666 means the influence of independent variables (learning independence and visual learning style) to the dependent variable (learning outcome) of 66,6% and the remaining of 33,4% influenced by other variables that not examined in this study.
SS00016949 | SK 16949 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain