Text
Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemandirian belajar, minat belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di MAN 9 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan IPS kelas XI IPS yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan SPSS 20.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan linieritas, kemudian uji regresi linier berganda, uji hipotesis yaitu uji t dan uji F, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kemandirian belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,689 > t tabel yang bernilai 1,996. Selanjutnya, secara parsial minat belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,408 > t tabel yang bernilai 1,996, dan secara parsial fasilitas belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,680>t tabel yang bernilai 1,996. Berdasarkan uji F diketahui F hitung 17,026> F tabel 2,741, hasil tersebut menunjukkan secara simultan kemandirian belajar, minat belajar dan fasilitas belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 43,3%. Nilai dari koefisien determinasi sebesar 0,433. Dapat diinterpretasikan sebesar 43,3% hasil belajar mata pelalajaran ekonomi dipengaruhi oleh kemandirian belajar, minat belajar, dan fasilitas belajar, 56,7% lainnya dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Fasilitas Belajar Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
This study aims to determine whether there is an influence of learning independence, interest learning, and learning facilities on the learning outcomes of economic subjects class XI IPS students in MAN 9 Jakarta. This research using survey method. The population in this study were students of XI IPS class, which amounted to 71 students. Sampling technique with saturated sampling technique. Data analysis technique using SPSS 20.0 begins by searching analysis requirement test such as test of normality and linearity, then multiple linear regression test, hypothesis test that is t test and F test, and coefficient of determination. The results showed independence of learning has a significant effect on learning outcomes with t calculated 2,689 > t table 1,996. Furthermore, learning interest has an influence on learning outcomes with t calculated 2,408 > t table 1,996, and learning facilities has a significant effect on learning outcomes with t calculated 2,680>t tabel 1,996. Based on the F test is known F calculated 17,026> F table 2,741, the results show simultaneously the learning independence, learning interest and learning facilities has an influence on learning outcome. The value of the determination coefficient of 0,433. Can be interpreted as much as 43,3% learning result of economic learning subject influenced by learning independence, learning interest, and learning facilities, 56,7% other explained by other variables not examined. Keywords: Learning Independence, Learning Interest, Learning Facilities, Learning Outcomes Economics Subject
SS00017007 | SK 17007 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain