Text
Hubungan antara citra merek dan suasana toko dengan keputusan pembelian Kentucky Fried Chicken (KFC) Arion Mall pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta
Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara citra merek dan suasana toko dengan keputusan embelian Kentucky Fried Chicken (KFC) Arion Mall pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan, yaitu bulan Februari – Juni 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 163 mahasiswa. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 33,697 + 0,294 X1 + 0,388 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikan (atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada Linierity, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 52, 977 > 3,053, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 3,593 dan ttabel = 1,65443, Y atas X2 thitung = 4,598 dan ttabel = 1,65443. Nilai koefisien korelasi antara variabel citra merek (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,565 dan nilai koefisien korelasi antara variabel suasana toko (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,591. Jadi, terdapat hubungan positif dan signifikan antara citra merek dan keputusan pembelian, serta hubungan positif dan signifikan antara suasanatoko dengan keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara citra merek dan suasana toko dengan keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1 dan Y atas X2 yang diperoleh sebesar 0,398 yang menunjukan bahwa 39,8% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh citra merek dan suasana toko. Sementara itu, sisanya 60,2% di pengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Citra Merek, Suasana Toko
The purpose of this study was conducted to determine whether there is correlation between Brand Image and Store Atmosphere with Purchase Decision Kentucky Fired Chicken (KFC) Arion Mall in The Student Faculty of Economics State University of Jakarta in Jakarta. This research was conducted for five months, that is February – June 2018. The method use in this research is survey method. The population in this study is all student Faculty of Economics, State University of Jakarta. The technique of selecting respondent using purposive sampling which amounted to 163 people. The resulting regression equation is Ẏ = 33,697 + 0,294X1 + 0,388X2. Test requirements analysis that estimates the error normality test regression of Y on X1 with Kolmogorov – Smirnov test with significance level (a) = 5% or 0,05 estimates significance of Y equal to 0,200 X1 equal to 0,200, X2 equal to 0,200. Because the significance level is > 0,05 it can be concluded that the data is normally distributed and can be used. Testing linierity of regresision Y on X1 and Y on X2 yields a significance value on Linierity, that is 0,000 < 0,05, so it is concluded that it has a linier relationship. Hypothesis testing from the significance regression Y on X1 and X2 produces Fcount > Ftable which, 52, 977 > 3,053 meaning that the regression equation is significant. Then performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, tcount = 3,593 and ttable = 1,65443 and perfomance the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, tcount 4,598 = and ttable = 1,65443 .The value of correlation coefficient between variable of brand image (X1) to purchase decision (Y) equal to 0,565 and value of correlation coefficient between variable of store atmosphere (X2) to purchase decision (Y) equal to 0,591. Thus, there is a positive and significant relationship between brand image and purchase decision and there is a positive and significant relationship between store atmosphere and purchase decision. The coefficient of determinastion Y on X1 and X2 obtained by 0,398 indicating that 39,8% variable purchase decision is determined by brand image and store atmosphere. Meanwhile, the remaining 60,2 % is influenced by other factors.Keywords: Purchase Decision, Brand Image, Store Atmosphere
SS00017008 | SK 17008 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain