Text
Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian wirausaha terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII akuntansi SMKN 40 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian wirausaha terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI dan XII Akuntansi SMKN 40 Jakarta berdasarkan data yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan di SMKN 40 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan korelasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa yang terdiri dari 52 siswa kelas XI Akuntansi dan 53 siswa kelas XII Akuntansi SMKN 40 Jakarta. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji persamaan regresi, dan uji korelasi.
Hasil analisis data menunjukan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal (0,200 > 0,05) dan linear (signifikansi pada linearity untuk variabel X1 dan Y serta variabel X2 dan Y adalah 0,000 < 0,05). Persamaan analisis regresi linear berganda dalam penelitian ini adalah Ŷ= 27,901 + 1,082X1 + 0,416X2. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian wirausaha terhadap minat berwirausaha siswa, dilihat dari perhitungan uji F dengan Fhitung (22,938) > Ftabel (3,085) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien korelasi ganda menunjukan bahwa pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha tergolong rendah karena terdapat dalam rentang 0,200-0,399, sedangkan kepribadian wirausaha berpengaruh sedang terhadap minat berwirausaha dalam rentang 0,400-0,599. Pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian wirausaha memiliki keeratan yang sedang terhadap minat berwirausaha, dengan nilai R2 sebesar 0,310 yang berarti kemampuan dari variabel pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian wirausaha untuk menjelaskan minat berwirausaha secara simultan sebesar 31%.
This study aims to determine the influence of entrepreneurial knowledge and entrepreneurial personality on students entrepreneurship interest in class XI and XII Accounting SMKN 40 Jakarta based on valid and reliable data. This research was conducted at SMKN 40 Jakarta. The method used in this research is survey method with correlation approach. Data collection using questionnaires with sampling technique proportionate stratified random sampling. The sample in this study were 105 students consisting of 52 students of class XI Accounting and 53 students of class XII Accounting SMKN 40 Jakarta. Data analysis techniques used the test requirements analysis, regression equation test, and correlation test.
The result of data analysis shows that the data used is a normal distribution (0,200> 0,05) and linear (significance on linearity for X1 and Y variable and X2 and Y variable is 0,000 Ftable (3,085) and significance value 0.000
SS00016951 | SK 16951 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain