Text
Hubungan antara gaya hidup dan word of mouth komunikasi dari mulut ke mulut dengan keputusan pembelian smartpone Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup dan word of mouth dengan keputusan pembelian Smartphone Samsung pada mahasiswa Program Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 5 bulan terhitung sejak Maret 2018 sampai dengan Juli 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 131orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 29,983+ 0,803X1 untuk variabel gaya hidup dengan keputusan pembelian dan Ŷ = 57,790+ 0,536X2 untuk variabel word of mouth dengan keputusan pembelian. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov dengan hasil pengujian dapat diketahui signifikansi keputusan pembelian (Y) sebesar 0.200, signifikansi gaya hidup (X1) sebesar 0,200 dan signifikansi word of mouth (X2) sebesar 0,200. Karena data mempunyai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka data tersebut disimpulkan berdistribusi normal. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan keputusan pembelian atas gaya hidup thitung = 9,535.> ttabel = 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya hidup dengan keputusan pembelian. Sementara itu, nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,413 yang menunjukan bahwa gaya hidup mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 41,3% dan sisanya 58,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya, nilai thitung word of mouth (X2) sebesar 7,722 > ttabel 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara word of mouth dengan keputusan pembelian. Sementara itu, nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,316 yang menunjukan bahwa word of mouth mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 31,6 % dan sisanya 68,4% dipengaruhi oleh faktor lain.
The purpose of this study is to determine the relationship between lifestyle and word of mouth with Smartphone Samsung purchasing decisions on the students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta. This research was conducted on the students of Faculty of Economics, State University of Jakarta, for 5 months since March 2018 until July 2018. The research method used is survey method with correlational approach. The sampling technique used is purposive sampling technique of 131 people. The resulting regression equation is Ŷ = 29,983 + 0,803X1 for lifestyle variable with purchase decision and Ŷ = 57,790 + 0,536X2 for word of mouth variable with purchase decision. Test of requirement analysis that is normality test using kolmogorov smirnov test with test result can be known significance of purchasing decision (Y) equal to 0200, lifestyle significance (X1) equal to 0,200 and significance of word of mouth (X2) equal to 0,200. Because the data has a significance greater than 0.05 then the data is inferred normally distributed. Furthermore, the t test and the resulting purchase decisions on lifestyle tcount = 9,535.> ttabel = 1.66. Thus it can be concluded that there is a positive and significant relationship between lifestyle with purchasing decisions. Meanwhile, the value of determination coefficient obtained for 0.413 which shows that lifestyle influence purchase decision of 41.3% and the remaining 58.7% influenced by other factors. Furthermore, the tcount of word of mouth (X2) is 7,722> ttable 1.66. Thus it can be concluded that there is a positive and significant relationship between word of mouth with purchase decision. Meanwhile, the value of determination coefficient obtained for 0.316 which shows that word of mouth influence purchase decision of 31.6% and the remaining 68.4% influenced by other factors.
SS00016954 | SK 16954 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain