Text
Pengaruh tekanan, peluang, dan rasionalisasi (fraud triangle) terhadap kecurangan akademik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan, peluang dan rasionalisasi ( fraud triangle) terhadap kecurangan akademik berdasarkan data yang valid dan dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMK PGRI 4 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII jurusan akuntansi yang berjumlah 132 orang. Sampel yang dugunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data pada variabel X1 (tekanan), X2 (peluang), dan X3 (rasionalisasi) serta variabel Y (kecurangan akademik) diukur menggunakan skala likert. Hasil analisis data menunjukkan data yang digunakan berdistribusi normal (0,200 > 0,05) dan linear (X1 = 0,000, X2 = 0,000, dan X3 = 0,004 < 0,05). Persamaan regresi Y = 10,019 + 0,219X1 + 0,339 X2 + 0,053 X3. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tekanan, peluang dan rasionalisasi terhadap kecurangan akademik dilihat dari perhitungan uji F dengan Fhitung > Ftabel (12,304 > 2,70) dengan taraf signifkansi (0,000 < 0,05). Secara parsial, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tekanan (X1) terhadap kecurangan akademik (Y) berdasarkan uji T yaitu thitung > ttabel , yaitu (3.058 > 1,98498) dengan nilai signifikansi (0,003 < 0,05) dan koefisien sederhana sebesar 0,444. Secara parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peluang (X2) terhadap kecurangan akademik (Y) berdasarkan uji T yaitu thitung > ttabel , yaitu (3,038 > 1,98498) dengan nilai signifikansi (0,003 < 0,05) dan koefisien sederhana sebesar 0,438. Secara parsial tidak ada pengaruh antara rasionalisasi(X3) terhadap kecurangan akademik (Y) berdasarkan uji T yaitu thitung < ttabel , yaitu (0,583 < 1,98498), maka Ho diterima dengan taraf signifikansi (0,561 > 0,05) dan koefisien sederhana sebesar 0,438. Hasil uji koefisien korelasi ganda ( R) sebesar 0,527 yang menandakan antara tekanan, peluang, dan rasionalisasi dengan kecurangan akademik memiliki hubungan yang sedang atau tidak terlalu kuat dengan koefisien determinasi 27,8%,sehingga variabel Y kecurangan akademik ditentukan oleh variabel tekanan (X1), peluang (X2), dan rasionalisasi (X3) sebesar 27,8%. Kata kunci: Tekanan, Peluang, Rasionalisasi, Fraud Triangle, Kecurangan Akademik.
This study aims to determine the influence of pressure, opportunity, and rationalization with academic fraud by using empirical data which is valid and reliable. The research conduct at SMK PGRI 4 Jakarta. The research methodis survey method. The affordable population in this study are students of class X, XI, XII accounting consist of amount to 132 students and sample used as many as 100 students by using proportional random sampling techniques. An instrument used to obtain data for variable X1 (pressure), X2 (opportunity), X3 (rationalization) and variable Y (academic fraud) measured by using a questionnaire with likert scale. The result of data analysis showed that the data used in regression model is normally distributed (0,200 > 0,05) and linear linear (X1 = 0,000, X2 = 0,000, dan X3 = 0,004 < 0,05). The equation of multiple linear regression analysis in this study is Y = 10,019 + 0,219X1 + 0,339 X2 + 0,053 X3. The result of this study showed that there is a significant relationship between pressure, opportunity, and rationalization with academic fraud with loutcomes shown by F-test calculation with Fcount > Ftable (12,304 > 2,70) and significance value (0,000 < 0,05). Partially, there is a positive and significance relationship between pressure with academic fraud based on T-test tcount> ttable (3.058 > 1,98498) with significance value (0,003 < 0,05) and simple correlation coefficient of 0,444. Then there is a positive and significance relationship between opportunity with academic fraud based on T-test tcount> ttable (3,038 > 1,98498) with significance value (0,003 < 0,05) and simple correlation coefficient of 0,438. Partially, there is no significance relationship between rationalization with academic fraud based on T-test tcount> ttable (0,583 < 1,98498) and significance value (0,561 > 0,05) simple correlation coefficient of 0,438. Result of double correlation test ( R) equal to 0,527 that means between pressure, opportunity, and rastionalization with academic fraud there is a medium relation with coefficient determination 27,8% so it can be said variable Y academic fraud determined by variable X1 Pressure, X2 opportunity, and X3 rationalization of 27,8%. Keywords: Pressure, Opportunity, Rationalization, Fraud Triangle , Academic Fraud
SS00016956 | SK 16956 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain