Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams assisted individualization terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar kelas X SMK Negeri 46 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assited Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 46 Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid dapat dipercaya.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 46 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain postest only control. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 46 Jakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Equivalent Control Group Design. Untuk menjaring data dari variabel digunakan soal tes berbentuk pilihan ganda untuk hasil belajar peserta didik.
Perhitungan validitas soal menggunakan rumus Product Moment dan reabilitas soal menggunakan rumus Kuder Richardson 20 (K-R.20). Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji F. kemudia uji hipotesis digunakan dengan menggunakan uji-t. hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data varians adalah homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 2,89 dengan ttabel sebesar 1,66. Dengan demikian, thitung > ttabel (2,89 > 1,66), artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assited Individualization terhadap hasil belajar peserta didik X Akuntansi SMK Negeri 46 Jakarta. Berasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar pada siswa kelas x SMK Negeri 46 Jakarta.
The aim of this research was to determined in cooperative learning Teams Sssited Individualization on learning outcomes student class X accounting in Vocational Senior High School 46 Jakarta by using empirical data and facts are valid and reliable.
This research conduct at SMK Negeri 46 Jakarta. The research method used is an experimental method, Posstest Only Control. The sample were students class X Accounting in Vocational Senior High School 46 Jakarta. Sample were taken using Non Equivalent Control Group Design technique. To get data from variable, researcher used multiple choice tests for learning outcomes.
The validity of the instrument using the formula Product Moment and reliability of the isntrumen using Kuder Richardson 20 (K-R.20). Techniques of data analysis was carried out test is a presequisite to first test for normality by using Liliefors test and homogeneity testing using F-testand then the test hypothesis used the difference using t-test. The result of the testing requirements of the analysis states that the test for normality both classes are normality distributed. Homogeneity of variance test result of the data is homogeneous. Hypothesis testing showed that the obtained tcount of 2,89. As for ttabel is 1,66. Therefore tcount more than ttable meaning that tcount> ttable (2,89> 1,66), Ho refused and Ha accepted which means there is a significant effect in the use of cooperative learning teams assisted individualization for learning outcome subject basic accountting student in Vocational Senior High School 46 Jakarta.
SS00016960 | SK 16960 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain