Text
Hubungan antara penggunaan fasilitas laboratorium komputer dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Karya Guna Jakarta
ABSTRAK
SAMSUL BAHRI. Hubungan Antara Penggunaan Fasilitas Laboratorium Komputer Dengan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ di SMK Karya Guna Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.2018
Keberhasilan belajar siswa ditentukan oleh beberapa faktor antara lain adalah kurikulum, guru, strategi belajar, lingkungan belajar dan fasilitas yang mendukung dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini pengadaaan sarana dan prasarana praktik khususnya perangkat komputer merupakan suatu masalah yang besar, dikarenakan untuk memenuhi persyaratan di atas memerlukan biaya yang tidak sedikit. Keterbatasan ruang laboratorium komputer jelas menimbulkan dampak yang besar terhadap proses belajar mengajar. Dalam mengatasi masalah tersebut perlu diketahui terlebih dahulu informasi secara keseluruhan yang dibutuhkan ditinjau dari jenis spesifikasi dan jumlahnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara penggunaan fasilitas laboratorium komputer dengan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan di SMK Karya Guna Jakarta; (2) hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan di SMK Karya Guna Jakarta; (3) hubungan antara penggunaan fasilitas laboratorium komputer dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan di SMK Karya Guna Jakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan dengan jumlah siswa 70 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Teknik untuk menganalisis data menggunakan teknik bivariat dan teknik multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif tetapi tidak signifikan antara penggunaan fasilitas laboratorium komputer dengan hasil belajar siswa; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa; (3) ada hubungan positif tetapi tidak signifikan antara penggunaan fasilitas laboratorium komputer dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa
Kata kunci : penggunaan fasilitas laboratorium komputer, motivasi belajar, hasil belajar.
SS00017237 | SK 17237 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain