Text
Hubungan konsep diri dan kecerdasan matematis logis dengan hasil belajar pada siswa "student day" teknik komputer dan jaringan SMA Plus PGRI Cibinong
ABSTRAK
RIO IRZAN ALVIARDI, Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Matematis Logis dengan Hasil Belajar pada Siswa “Student Day” Teknik Komputer dan Jaringan SMA Plus PGRI Cibinong. Pembimbing Prof. Dr. Ir. IVAN HANAFI, M.Pd. dan ZE. FERDI FAUZAN PUTRA, S.Pd., M.Pd.T.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat hubungan antara Konsep Diri dengan hasil belajar pada siswa “Student Day” Teknik Komputer dan Jaringan SMA Plus PGRI Cibinong. (2) Apakah terdapat hubungan antara Kecerdasan Matematis Logis dengan hasil belajar pada siswa “Student Day” Teknik Komputer dan Jaringan SMA Plus PGRI Cibinong. (3) Apakah terdapat hubungan antara Konsep Diri dan Kecerdasan Matematis Logis dengan hasil belajar pada siswa “Student Day” Teknik Komputer dan Jaringan SMA Plus PGRI Cibinong secara bersama-sama. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Plus PGRI Cibinong yang mengikuti kegiatan Student Day yang berjumlah 38 orang. Karena teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Population Sampling maka sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Plus PGRI Cibinong yang mengikuti kegiatan Student Day yang berjumlah 38 orang. Data variabel bebas yaitu mengenai Konsep Diri dan Kecerdasan Matematis Logis dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan data variabel terikat yaitu Hasil Belajar pada Siswa “Student Day” Teknik Komputer dan Jaringan SMA Plus PGRI Cibinong dikumpulkan melalui data sekunder yang dimiliki guru Student Day Teknik Komputer dan Jaringan. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda yang terlebih dahulu dilakukan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar pada Siswa “Student Day” Teknik Komputer dan Jaringan SMA Plus PGRI Cibinong. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kecerdasan Matematis Logis dengan Hasil Belajar pada Siswa “Student Day” Teknik Komputer dan Jaringan SMA Plus PGRI Cibinong. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Konsep Diri dan Kecerdasan Matematis Logis dengan Hasil Belajar pada Siswa “Student Day” Teknik Komputer dan Jaringan SMA Plus PGRI Cibinong. Namun hubungan Kecerdasan Matematis Logis dengan Hasil Belajar pada Siswa “Student Day” Teknik Komputer dan Jaringan SMA Plus PGRI Cibinong lebih signifikan karena berkaitan dengan potensi diri siswa.
Kata kunci: Konsep Diri, Kecerdasan Matematis Logis, Hasil Belajar.
SS00017240 | SK 17240 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain