Text
Pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 59 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 59 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan, terhitung dari bulan Maret sampai dengan Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 59 Jakarta yang berjumlah 108 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana, maka sampel dalam penelitian sebanyak 84 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari kompetensi guru dan fasilitas belajar sebesar 0,810 > 0,1, dan nilai VIF sebesar 1,234 < 10. Sedangkan hasil uji heterokedastisitas melalui uji Spearman’s rho, nilai signifikansi kompetensi guru 0,993 > 0,05 dan fasilitas belajar 0,992 > 0,05. Selanjutnya persamaan regresi yang didapat yaitu Ŷ = 42,412 + 0,181 X1 + 0,167 X2. Berdasarkan uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. pertama, berdasarkan hasil uji F maka (Fhitung > Ftabel), yaitu sebesar 52,926 > 3,07. Kedua, berdasarkan hasil uji t maka (thitung > ttabel), yaitu kompetensi guru sebesar 3,608 > 1,98969 dan fasilitas belajar sebesar 3,584 > 1,98969. Berdasarkan uji koefisien determinasi, kompetensi guru dan fasilitas belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 36,1% sedangkan sisanya 63,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Hasil Belajar, Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar
This study aims to determine whether there is a teacher material and learning facilities to study economic subjects of class XI IPS SMA 59 Jakarta. This research was conducted for four months, from March to June 2018. The research method used is survey method with correlational approach. The population in this study is all students of class XI IPS in SMA 59 Jakarta that touch 108 students. The sampling technique used is random technique, then the sample in the study of 84 respondents. Data processing techniques using questionnaires. Based on the test to complete the analysis, the data has been normal distribution and has a linear relationship. Based on the classical assumption test, in the multicolinearity test there is a Tolerance value of teacher competence and learning facilities of 0.810> 0.1, and VIF value of 1,234
SS00017134 | SK 17134 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain