Text
Upaya meningkatkan hasil belajar lempar tangkap pada permainan kasti melalui media audio visual pada siswa kelas III SDN Semanan 13 Petang jakarta Selatan
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan media audio visual sebagai bahan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semanan 13 Petang Jakarta Barat pada bulan mei 2018. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan pengambilan data kualitatif, dengan responden 29 siswa. Pelaksanaan penelitian ini melibatkan tim guru pendidikan jasmani dan tim ahli permainan kecil sebagai kolabolator. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus ii dan diawali dengan kegiatan observasi tes awal.
Temuan peneliti yang diperoleh adalah: 1). Media audio visual dapat memberi manfaat bagi guru dan siswa. 2). Media audio visual mampu membuat siswa lebih aktif dan semangat. 3). Media audio visual membantu setiap siswa yang berbeda kemampuan dalam memahami materi pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan selama penelitian dilaksanakan, prosentase ketuntasan tes awal lempar adalah 31% hasil belajar lempar siswa meningkat pada siklus I menjadi 69% dan siklus II ketuntasan menjadi 100%. Dan prosentase ketuntasan tes awal tangkap adalah 38% hasil belajar tangkap siswa meningkat pada siklus I menjadi 100% dan siklus II ketuntasan tetap 100%.
Dengan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan media audio visual di SDN Semanan 13 Petang Jakarta Barat sudah cukup baik seperti persiapan sebelum, selama, dan sesudah penayangan media audio visual siswa menjadi lebih memahami materi pelajaran. Hal ini terbukti dengan adanya motivasi siswa dalam mengikuti materi pembelajaran yang sedang dibahas, selain itu siswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik
The aims of this study is to improve students learning outcomes by applying audio visual media as a learning material. This research is conducted at SDN Semanan 13 Petang West Jakarta in May 2018. The method is used classroom action research (Action Research) with qualitative data collection for 29 respondents. The implementation of this research is involved a team of physical education teachers and an experts small team of game as a collaborator. This study was be done in two cycles, namely cycle I and cycle II and was preceded by initial test observation activities.
The findings which researcher has found are: 1). Audio visual media can give benefits to the teachers and students. 2). Audio visual media can make students more responsive and enthusiastic. 3). Audio visual media can help each student who has different abilities to understand the learning material, and also it can improve students learning outcomes. Based on the research that is conducted, the percentage of completeness of the initial passing test was 31% of the results of learning for passing students increased in the first cycle to 69% and the second cycle completeness to 100%. And the percentage of mastery initial test catching is 38% of students' learning outcomes increased in the first cycle to 100% and the second cycle completeness remains 100%.
Within this results, this study showed that the use of audio visual media in SDN Semanan 13 Petang West Jakarta is quite good as preparation before, during, and after. Students can be more understand to the subject matter by the using presentation audio visual media. This evidenced can be proven by the students motivation in the learning activity, and also students can achieve a better larning outcomes.
SS00017282 | SK 17282 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain